Home Inspirasi Cara Mengambil Uang di ATM dengan Mudah dan Cepat (100% Work)

Cara Mengambil Uang di ATM dengan Mudah dan Cepat (100% Work)

408
0

IndoINT.com

Zaman sekarang, orang-orang sudah banyak memilih untuk menyimpan uang di bank. Bank bisa menjadi tempat yang bisa Anda percayakan untuk menyimpan uang Anda dengan aman dan dapat mempermudah transaksi Anda. Selanjutnya, untuk mempermudah dalam mengambil uang di mana pun dan kapan pun, maka diciptakanlah ATM untuk kepentingan tersebut.

Namun, masih ada juga orang yang lebih memilih mengambil uang di Teller walaupun jumlah uang yang ingin di ambil sedikit. Hal tersebut dikarenakan tidak tahu cara mengambil uang di ATM. Sehingga merasa takut untuk mengambil uang di ATM. Sebenarnya mengambil uang di ATM adalah hal mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun dan tentunya semakin memudahkan transaksi Anda.

1. Pergi ke ATM yang Dekat Dengan Lokasi Anda

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Langkah yang pertama kali harus anda lakukan adalah pastikan untuk mendatangi mesin ATM yang terdekat dengan lokasi Anda dan sesuai dengan bank penerbit kartu ATM yang Anda miliki atau mungkin Anda bisa mendatangi ATM bersama. Biasanya letak lokasi ATM umumnya berada di dekat kantor Bank, pusat perbelanjaan, universitas, dan lainnya.

Ada beberapa ATM yang masuk ke dalam jaringan ATM bersama yang ada di Indonesia: ATM Link (BNI, BRI, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, dan Danamon), ATM Prima (BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan CIMB Niaga), dan ATM Alto (Danamon, Maybank, BTN, Permata Bank, dan Citibank).

Pastikan mesin ATM yang Anda pilih dalam keadaan yang baik dan bagus serta tidak sedang eror atau dalam perbaikan. Jika Anda membutuhkan pecahan nominal yang lebih kecil dari 50 ribu, biasanya ada beberapa ATM dari bank tertentu yang menyediakan mesin ATM dengan pecahan 20 ribu di daerah kampus.

Ada beberapa jenis ATM yang bisa Anda pilih juga seperti ATM dengan bentuk kubikel ataupun ATM drive thru yang lebih praktis bagi Anda, karena tidak perlu turun dari kendaraan Anda. Tergantung dengan selera Anda.

2. Cari Mesin ATM Untuk Penarikan Tunai

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Sesampainya di ATM, pastikan Anda menuju mesin ATM yang terdapat keterangan untuk penarikan tunai, terutama jika Anda berada di gerai ATM yang terdapat di bank karena di sana terdapat banyak mesin ATM.
Di gerai ATM umumnya terdapat beberapa jenis mesin ATM anatar lain mesin ATM untuk setoran tunai, mesin ATM untuk setoran tunai, dan mesin ATM untuk transaksi non tunai. Tentunya ketiga jenis mesin ATM itu memiliki kegunaan yang berbeda.

Namun, sekarang ada beberapa ATM yang sudah menggunakan satu mesin yang bisa Anda gunakan untuk semua jenis transaksi, tentunya lebih praktis.

Apabila Anda pergi ke ATM di pusat perbelanjaan, pastikan lagi nama ATM sesuai dengan bank tempat Anda menyimpan uang. Karena, di pusat perbelanjaan biasanya terdapat banyak jenis ATM dengan nama bank yang berbeda.

3. Memilih Pecahan Uang yang Dikeluarkan Mesin Angka 50 ribu atau 100 ribu

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Bagi Anda yang ingin mengambil uang dengan nilai pecahan 50 ribuan, pastikan di atas mesin ATM yang Anda pilih terdapat keterangan nominal 50 ribu dan begitu juga jika Anda ingin mengambil uang dengan pecahan 100 ribu.
Di beberapa ATM di tempat tertentu hanya menyediakan pecahan dengan nominal 100 ribuan.

Sehingga Anda perlu memastikan lagi dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memilih mesin ATM yang mengeluarkan uang pecahan 50 ribuan atau 100 ribuan. Jika Anda mengambil ATM di daerah kampus, ada bank tertentu yang menyediakan keluaran uang pecahan 20 ribuan

4. Memasukkan Kartu ATM

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Keluarkan kartu ATM yang ada di dompet ataupenyimpan yang lain. Masukkan kartu tersebut ke dalam mesin ATM. Sebagai rincian, tempat untuk memasukkan kartu ATM ini berupa celah mendatar dengan ukuran selebar kartu ATM, biasanya celah tersebut terletak di sisi sebelah kanan mesin ATM maupun ada di tengah mesin (tergantung dengan nama bank dan tipe mesin ATM).

Masukkan kartu ATM dengan posisi yang ada di gambar di atas celah masuk kartu, namun jika tidak ada masukkan kartu dengan posisi logo di atas. Hal terpenting adalah jangan sampai Anda memasukkan kartu ATM dengan posisi yang terbalik, karena bisa berakibat fatal dan mungkin kartu ATM Anda tidak bisa keluar dari mesin tersebut.

Jika hal itu terjadi pada Anda, maka Anda harus menghubungi security yang ada atau Anda bisa langsung pergi ke bank pada jam kerja, karena hal tersebut biasanya dapat di proses oleh bank yang bersangkutan.

Tips bagi Anda, saat memasukkan kartu ATM pastikan untuk memasukkan sesuai dengan arah semestinya. Apabila saat Anda memasukkan kartu, terasa tersendat yang tidak wajar, sebaiknya Anda tidak memaksakan kartu agar masuk mesin.

5. Pilih Bahasa yang Anda Gunakan

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Setelah kartu ATM Anda berhasil masuk mesin ATM dengan lancar, Anda akan diminta untuk memilih bahasa pengantar mesin ATM, yakni bahasa Indonesia atau Inggris. Pilih bahasa sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.

Penting untuk Anda memilih bahasa yang benar-benar Anda kuasai, karena dikhawatirkan jika Anda tidak mengerti Anda akan memilih tombol yang salah.

Ketika Anda telah selesai memilih bahasa pengantar yang Anda gunakan, secara otomatis Anda akan mendapati layar menampilkan bertransaksi aman di ATM lengkap dengan nomor call center bank. Atau mungkin ada pengumuman tertentu yang ada hanya di saat tertentu saja, tidak ada pilihan lain pada tahap ini, Anda hanya perlu menekan tombol dengan pilihan “Lanjutkan”.

6. Masukkan PIN ATM Anda

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Selanjutnya layar ATM akan menunjukkan laman untuk memasukkan PIN ATM Anda. PIN yang perlu Anda masukkan adalah PIN yang Anda masukkan saat pertama kali Anda menerima kartu di bank, jika belum pernah Anda ganti selama Anda memiliki kartu ATM.

Silakan masukkan pin ATM Anda dengan cara mengetik tombol nomor yang ada di bawah layar ATM. Pastikan Anda memasukkan PIN ATM dengan benar, biasanya PIN berjumlah 6 digit. Saat Anda memasukkan nomor ATM, Anda perlu berhati-hati karena jika Anda memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 kali, kartu ATM Anda akan terblokir secara otomatis.

Sebaiknya, saat Anda memencet tombol untuk memasukkan PIN Anda tidak perlu terburu-buru agar Anda tidak memasukkan PIN ATM yang salah.

Jika kartu Anda terblokir Anda perlu datang ke bank untuk mengaktivasi kartu Anda kembali. Tips bagi Anda saat memasukkan nomor PIN ATM adalah, lakukan dengan cara sambil ditutupi oleh tangan yang satunya, agar menghindari orang melihat PIN Anda.

7. Menentukan Jumlah Nominal yang Anda Butuhkan

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Apabila Anda sudah berhasil memasukkan PIN dengan benar, selanjutnya akan muncul pilihan nominal yang dapat Anda langsung pilih di layar mesin ATM.

Minimal uang yang dapat Anda ambil atau tarik secara tunai di mesin ATM adalah 50 ribu (jika Anda menggunakan mesin ATM yang mengeluarkan pecahan 50 ribuan) dan 100 ribu (jika Anda menggunakan ATM yang mengeluarkan pecahan 100 ribuan).

Ada beberapa pilihan nominal uang yang bisa Anda pilih dengan mudah pada layar mesin ATM. Pada mesin yang mengeluarkan pecahan 100 ribuan, maka jumlah uang yang terdapat di layar hanya kelipatan 100 ribu. Begitu juga untuk mesin ATM yang mengeluarkan pecahan 50 ribuan, maka di layar hanya akan terdapat nominal dengan kelipatan 50 ribu.

Selanjutnya, Anda hanya tinggal memilih nominal yang tertera di layar sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya yaitu dengan menekan tombol maka secara otomatis akan di proses oleh mesin ATM dan uang keluar sesuai dengan nominal yang Anda pilih.

Apabila pada layar tidak terdapat pilihan jumlah uang yang Anda inginkan, Anda bisa pilih untuk menarik uang dengan langkah selanjutnya.

8. Pilih Penarikan Lain Jika Nominal Tidak Ada yang Sesuai

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Jika pada layar mesin ATM tidak terdapat pilihan nominal uang yang ingin Anda tarik, Anda dapat memilih opsi menu “Transaksi Lainnya” biasanya menu ini terdapat di bagian bawah sebelah kanan. Selanjutnya pilih tombol submenu “Penarikan Tunai”. Secara otomatis Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah nominal uang yang ingin Anda ambil.

Kemudian ketikkan jumlah nominal yang ingin Anda tarik secara manual menggunakan tombol angka yang terdapat di bawah layar ATM. Hal yang harus Anda perhatikan adalah pengambilan tunai hanya berlaku untuk pecahan yang tersedia.

Misalnya untuk pecahan 100 ribu, Anda hanya bisa mengambil uang senilai 200 ribu, 300 ribu, 500 ribu, 1 juta. Apabila mesin ATM mengeluarkan pecahan 50 ribu, Anda bisa mengetikkan nominal misalnya 750 ribu atau 950 ribu dan seterusnya. Mesin ATM juga memiliki batas maksimal jumlah uang yang dapat dikeluarkan dalam satu kali transaksi.

9. Mengambil Uang yang Keluar

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Selanjutnya sistem akan memproses permintaan transaksi Anda. Tidak lama kemudian, Anda akan mendengar suara mesin yang sedang bersiap-siap mengeluarkan uang. Beberapa saat kemudian, lembaran uang 50 ribuan atau 100 ribuan akan keluar di slot tempat keluarnya uang.

Slot tersebut biasanya ada di bawah dengan ukuran panjang lebih dari panjang uang. Uang yang keluar sesuai dengan nominal yang sudah Anda pilih sebelumnya. Jika Anda tidak begitu yakin, Anda bisa menghitung lagi, namun biasanya jumlah tersebut sudah tepat dengan pilihan Anda.

10. Mengambil Struk Bukti Penarikan

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Sebelum Anda bisa mengambil struk bukti transaksi, pada layar mesin akan terdapat pilihan konfirmasi apabila Anda ingin memilih untuk sekalian mencetak struk bukti transaksi atau tidak. Apabila Anda membutuhkan struk tersebut, pastikan untuk memilih tombol dengan tulisan “Ya” maka struk akan otomatis keluar setelah uang keluar dari mesin ATM.

Tetapi ada juga mesin ATM yang hanya menampilkan sisa saldo pada layar langsung secara otomatis tanpa ada pilihan untuk mencetak struk bukti transaksi. Saat di akhir transaksi, tidak semua mesin mengeluarkan uang terlebih dahulu, ada mesin ATM yang mengeluarkan struk terlebih dahulu.

11. Konfirmasi Akhir Transaksi di ATM

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Setelah Anda selesai mengambil uang dan struk bukti transaksi secara otomatis mesin ATM akan menampilkan pesan lagi, apakah Anda ingin melakukan transaksi lain atau tidak. Jika Anda merasa transaksi yang Anda lakukan sudah selesai maka pilih opsi “Tidak” untuk mengakhiri transaksi di mesin ATM.

Namun, jika masih ada transaksi yang ingin Anda lakukan maka pilih “Ya” maka layar mesin ATM akan menampilkan tampilan untuk memasukkan PIN ATM Anda lagi.

12. Kembali ke Halaman Awal Jika Anda Ingin Melakukan Transaksi Lain

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Langkah ini dilakukan bagi Anda yang masih ingin melakukan transaksi lainnya. Maka Anda perlu memasukkan PIN ATM lagi seperti cara di atas. Transaksi lainnya yang dimaksudkan adalah jika jumlah nominal yang ingin Anda ambil masih kurang, atau mungkin Anda ingin melakukan transaksi lain seperti pembayaran kartu kredit atau transfer ke akun bank lain.

Hal tersebut juga tentunya dapat dilakukan dengan menggunakan mesin ATM. Namun untuk pengambilan uang tunai, setiap jenis kartu atau bank yang berbeda memiliki limit penarikan tunai maksimal di hari yang sama. Sehingga Anda tentunya tidak dapat mengambil uang melebihi dari batas maksimal penarikan tunai dalam satu hari.

13. Ganti PIN Anda jika Dibutuhkan

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Selanjutnya setelah semua transaksi selesai, beberapa mesin ATM akan menampilkan pilihan untuk mengganti PIN ATM Anda. Jika Anda tidak ingin mengganti PIN, Anda hanya perlu menekan “cancel” pada tombol angka. Namun sebagai tips, sebaiknya Anda mengganti PIN ATM Anda secara berkala dengan kombinasi angka yang mudah Anda ingat.

Akan tetapi, hal yang perlu Anda perhatikan adalah untuk menghindari menggunakan angka-angka yang terlalu lazim dan mudah ditebak oleh orang lain, seperti angka lahir Anda atau orang-orang terdekat Anda. Mengganti PIN secara berkala juga berguna untuk memastikan kerahasiaan PIN kartu ATM Anda.

Tetapi jangan juga mengganti PIN ATM saat setiap kali Anda transaksi, dikhawatirkan Anda akan lupa jika Anda terlalu sering mengganti PIN ATM. Gantilah PIN ATM setidaknya beberapa bulan sekali.

14. Ambil Kartu ATM

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Langkah terakhir yang Anda lakukan adalah untuk mengambil kartu ATM di slot tempat Anda memasukkan kartu ATM di awal. Usahakan untuk menyimpan kartu tersebut di tempat Awal, misalnya di dompet, untuk menghindari kelupaan jika Anda menyimpan kartu ATM secara sembarang. Pastikan jangan sampai Anda lupa untuk tidak mengambil kartu ATM.

15. Memastikan Sebelum Meninggalkan ATM

Cara Mengambil Uang di ATM
Cara Mengambil Uang di ATM

Saat semua transaksi selesai, Anda sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk meninggalkan ATM. Sering kali orang-orang meninggalkan ATM secara terburu-buru. Hal tersebut dapat mengakibatkan ATM tertinggal ataupun ada barang lain yang tertinggal di ATM jika Anda tidak teliti.

Jika ATM Anda tertinggal, maka Anda perlu mengurusnya ke bank dan itu bisa menjadi urusan yang panjang. Atau mungkin apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kartu ATM yang diambil oleh orang jahat dan disalah gunakan untuk kepentingan pribadi. Penting bagi Anda untuk selalu teliti dan memastikan semuanya tidak ada yang tertinggal sebelum meninggalkan ATM.

Hafalkan nomor call center ATM, jika terjadi masalah kartu ATM yang tertelan oleh mesin.

Tentunya, setelah Anda mengetahui langkah-langkah cara mengambil uang di ATM Anda menjadi tahu dan tidak akan bingung lagi saat akan mengambil uang di ATM. Tentunya Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal dan juga Anda harus teliti dan berhati-hati saat mengambil uang di ATM agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. ATM semakin memudahkan Anda dalam mengambil uang.

Previous articleBHINEKA TUNGGAL IKA : Arti, Makna, Prinsip, Penerapan (Lengkap)
Next article13 Cara Download Video di IG dengan Mudah dan Cepat (100% Work)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here