Home Inspirasi Aplikasi Fidusia Online

Aplikasi Fidusia Online

482
0

IndoINT.com

Sebelum adanya aplikasi fidusia online, pembuatan sertifikat ini dikenal memakan waktu dan biaya yang besar. Seperti yang telah diketahui, keberadaan sertifikat fidusia sangat penting bagi kendaraan yang masih kredit. Selama cicilan belum dilunasi nasabah, kepemilikan aset masih berada di tangan leasing atau perbankan.

Seiring berkembangnya zaman, fidusia kini bisa didaftarkan secara online dan merupakan terobosan dari Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham. Mengantri panjang dan pengeluaran yang tidak sedikit kerap kali dialami masyarakat ketika mengurus sertifikat ini. Hal ini karena banyaknya pengunjung yang mendatangi kantor Kemenkumham di setiap daerah.

Mengenal Aplikasi Fidusia Online

Adanya aplikasi fidusia online memang sangat menguntungkan masyarakat. Tidak hanya soal ketepatan waktu, melainkan biaya yang dikeluarkan pun lebih minim. Mengingat pendaftaran fidusia secara manual memang membutuhkan waktu cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Belum lagi praktek pungutan liar yang kerap kali meresahkan masyarakat.

Segala permasalahan klasik tersebut kini bisa teratasi dengan adanya sistem online. Dengan demikian, pembuatan fidusia pun lebih efektif dan mudah. Seseorang hanya akan dikenakan biaya pembuatan akta terhadap perusahaan pembiayaan.

Setelah mengenal sekilas tentang aplikasi fidusia online, sebaiknya pahami juga beberapa menu dalam aplikasi ini. Mengenali beberapa bagian penting dalam aplikasi fidusia sangat penting dilakukan agar pengguna tidak kebingungan ketika hendak menggunakannya.

1. Pengecekan

Menu pengecekan ini bermanfaat apakah suatu kredit kendaraan bermotor sudah terdaftar fidusia atau belum. Hal ini penting dilakukan mengingat berbagai lembaga pembiayaan harus bisa menjelaskan mengenai status kendaraan bermotor.

Pada tampilan menu ini, pengguna akan mendapati beberapa data yang ditampilkan. Data tersebut berupa informasi pokok seperti nama, alamat, pihak penerima fidusia, waktu pendaftaran, nama notaris, nomor akta, dan lain-lain.

2. Waktu Pendaftaran Objek Fidusia

Waktu terdaftar objek yang didaftarkan fidusia penting untuk diperhatikan. Penghitungan waktu tersebut dimulai sejak periode pembayaran PNBP setelah diinput. Namun, bisa juga saat ketika pengguna mendapati sertifikat fidusia online yang sudah sah tercetak.

Beberapa hal yang bisa dijadikan patokan pendaftaran objek jaminan adalah tanggal pembuatan akta, penerimaan berkas, tanggal input data, dan ketika sertifikat fidusia diterbitkan.

3. Jenis-Jenis Transaksi Fidusia Online

Sebelum menggunakan aplikasi fidusia dengan benar, pengguna perlu mengenali beberapa transaksi yang bisa dilakukan dalam aplikasi tersebut. Perancangan sistem ini memang sudah diatur sedemikian rupa agar masyarakat lebih mudah melakukan berbagai transaksi, di antaranya adalah sebagai berikut.

Jenis transaksi ini untuk mendaftarkan objek fidusia. Transaksi pendaftaran menjadi salah satu yang banyak digunakan masyarakat. Saat melakukan pendaftaran, pengguna akan diminta untuk mengisi beberapa data yang dibutuhkan. Tidak perlu khawatir, proses ini pada dasarnya relatif cepat dibanding jika melakukannya secara manual.

Pengguna juga dapat melakukan perubahan pada data yang telah diinput. Namun, hal ini hanya dapat dilakukan ketika proses input data jaminan masih berlangsung. Oleh karena itu, isilah data yang diperlukan dengan benar dan teliti.

Menu pencarian objek ini sangat membantu ketika pengguna hendak menemukan objek jaminan dengan cepat. Sebelum menggunakan menu ini, pengguna harus menginput nomor sertifikat fidusia yang telah dibuat sebelumnya.

Di dalam daftar transaksi, terdapat menu pencarian yang dapat digunakan menurut nomor registrasi. Nomor tersebut hanya bisa didapatkan oleh user yang dapat mengaksesnya saja. Oleh karena itu, untuk mengakses username pengguna lain belum dapat dilakukan dengan aplikasi ini.

4. Proses Input Data Sistem Online

Jika pengguna ingin menginput data di aplikasi fidusia online, caranya sangat mudah dilakukan. Hanya beberapa data saja yang perlu diinput di tampilan box yang disediakan. Pengguna bisa menginput hingga 1000 karakter.

Jika belum melakukan pendaftaran fidusia online sebelumnya, melakukan input data ini mungkin agak membingungkan. Namun, pengguna dapat memahaminya dengan cepat karena cara kerja sistem ini yang relatif sederhana.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Fidusia Online

Bagi seseorang yang sudah tidak asing dengan dunia kredit kendaraan, mungkin sudah tidak asing dengan berbagai hambatan yang dihadapi. Hal ini kerap kali dikeluhkan masyarakat di berbagai kalangan. Oleh karena itu, adanya aplikasi fidusia online merupakan terobosan yang tepat dilakukan oleh Kemenkumham.

Namun, pada dasarnya belum seluruh kalangan mengetahui bahwa kini mendaftarkan kendaraan ke fidusia semakin mudah. Padahal, terdapat keuntungan yang bisa didapat jika kendaraan pengguna didaftarkan secara online.

1. Fitur QR Code sebagai Bukti Keotentikan

Fitur QR code menjadi salah satu terobosan yang banyak dimiliki berbagai aplikasi saat ini. Tak terkecuali pada sertifikat fidusia online. QR code bisa menjadi bukti otentik legalitas sertifikat dan bersifat unik. Dengan demikian, pemalsuan sertifikat yang tidak terdaftar Dirjen AHU dapat dideteksi dengan mudah.

Sebagai bukti keaslian sertifikat, keberadaan QR code cukup penting. Meskipun pada dasarnya sertifikat tersebut bisa dicetak sendiri, namun sama sekali tidak bisa dipalsukan oleh sembarang orang. Dengan demikian, keotentikan pun lebih terjaga.

2. Pendataan secara Real-Time

Artinya, setiap pengguna bisa melakukan input data dan mengubahnya kapanpun dan di manapun. Tentunya, dengan syarat bahwa perangkat yang digunakan telah terhubung ke internet. Hal ini jelas berbeda ketika seseorang harus melakukan pendataan dengan mendatangi kantor pembuatan fidusia offline.

Selain itu, dengan pendataan real-time kepastian hukum terhadap sertifikat fidusia yang diterbitkan dapat terjamin.

3. Besarnya Penerimaan Negara

Terobosan pemerintah merilis aplikasi fidusia online memang merupakan langkah yang tepat. Penerimaan negara jadi meningkat di sektor non pajak. Hal ini karena kemudahan mengurus sertifikat fidusia secara daring.

4. Lembaga Perbankan dan Keuangan Terbantu

Keuntungan penggunaan aplikasi fidusia online selanjutnya dirasakan pihak perbankan dan sektor usaha terkait. Dengan pembuatan sertifikat fidusia yang tidak berbelit-belit, tentunya pengurusan dokumen pun lebih mudah dilakukan. Nasabah perusahaan keuangan akan lebih puas sehingga memberikan track record yang baik bagi perusahaan.

Praktek eksekusi kendaraan menunggak memang masih sering terjadi, terutama saat penyitaan berlangsung di jalan. Padahal hal ini tidak dapat dilakukan tanpa prosedur yang tepat. Dengan adanya fidusia online, ketentuan tersebut diharapkan dapat dimengerti oleh masing-masing pihak.

Adanya aplikasi fidusia online memang banyak memberikan manfaat. Tidak hanya bagi masyarakat, namun juga untuk negara. Oleh karena itu, setiap orang bisa mulai menggunakan aplikasi ini sesuai pedoman yang diberikan di atas.

Previous articleUkuran Kertas A
Next article√10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Anda Ketahui (Lengkap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here