Home Inspirasi 17+ Cara Mengusir Lalat di Rumah dengan Mudah (100% Work)

17+ Cara Mengusir Lalat di Rumah dengan Mudah (100% Work)

50
0

IndoINT.com

Lalat adalah salah satu serangga, yang biasanya hinggap di suatu sajian makanan yang ada. Serangga ini memang salah satu serangga yang dihindari, karena terkesan menjijikan. Hal ini dikarenakan, keberadaan lalat yang cenderung di tempat-tempat yang kotor seperti tempat sampah, makanan yang basi hingga kotoran hewan. Tentunya hal ini mengganggu jika dibiarkan, menghinggapi di makanan.

Banyak bakteri yang dibawa lalat, dan akhirnya menempel di tempat lalat tersebut hinggap. Bahkan, akan membawa dampak yang berbahaya untuk kesehatan terutama lambung pencernaan jika dibiarkan. Berikut ini adalah cara mengusir lalat yang ampuh dan wajib untuk anda coba.

Cara mengusir lalat menggunakan semprotan serangga

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Cara yang satu ini, merupakan salah satu cara yang praktis untuk anda yang ingin mengusir lalat. Anda dapat menggunakan semprotan serangga, dan mendapatkannya dengan mudah di toko atau minimarket terdekat. Dengan menggunakan semprotan serangga ini, lalat akan pergi dengan sendirinya, bahkan dengan serangga mengganggu lainnya. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Jika anda ingin menyemprotkan semprotan serangga ini, perhatikan lingkungan sekitar atau anggota keluarga anda yang lainnya. Semprotan ini mengandung racun, jauhkan dari anggota keluarga lainnya karena akan berbahaya bagi tubuh manusia. Jauhkan dari makanan, minuman, dan juga jangkauan anak dibawah umur. Semprotkan beberapa menit, agar anda tidak menghirupnya.

Cara mengusir lalat menggunakan daun kemangi

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Banyak yang belum mengetahui mengenai hal ini, anda dapat mengusir lalat dan menjauhkannya dari rumah anda menggunakan daun kemangi. Hal ini dikarenakan, daun kemangi sendiri memiliki aroma yang khas dan tidak di sukai oleh lalat. Daun kemangi ini biasanya hadir untuk lalapan makanan, dan banyak di temukan di manapun. Tentunya anda juga dapat menemukan duan kemangi ini dengan mudah.

Untuk dijadikan sebagai salah satu pengusir lalat, anda dapat memasukan daun kemangi yang segar ke dalam plastic. Namun jangan lupa untuk mengisi plastic tersebut dengan air. Dalam hal ini, anda dapat menggantungnya di tempat yang diinginkan. Pastikan bahwa tempat tersebut, merupakan salah satu tempat lalat biasanya datang. Dengan kantong plastic daun kemangi ini, akan membuat lalat pergi.

Cara mengusir lalat menyalakan kipas angin

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Jika beberapa cara lainnya menggunakan bantuan bahan lainnya, cara lain untuk anda yang ingin mengusir lalat adalah dengan menggunakan kipas angin. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan bantuan kipas angina untuk mengusir lalat dengan menyalakannya. Jangan lupa untuk mengarahkannya kea rah lalat tersebut dan lalat lain yang datang. Angina dari kipas akan mendorong lalat.

Namun jika anda tidak mempunyai kipas angin, jangan khawatir. Saat ini anda dapat menemukan dengan mudah kipas angina di toko elektronik yang ada saat ini. Cara ini sudah terbukti ampuh, untuk anda yang ingin mengusir kehadiran lalat di rumah atau manapun. Namun, memang anda harus sering menyalakan kipas angina untuk menghindari kedatangan lalat yang menganggu.

Cara mengusir lalat menggunakan daun cengkeh

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Cara mengusir lalat lain yang terbilang ampuh, adalah dengan menggunakan daun cengkeh. Cara ini sering dan sudah terbukti ampuh untuk mengusir kehadiran lalat karena memiliki aroma yang khas, seperti hal nya dengan daun kemangi. Namun memang kekurangan dari daun cengkeh ini adalah, untuk mendapatkannya memang membutuhkan sedikit perjuangan. Biasanya daun cengkeh adadi pasar.

Dalam hal ini, anda dapat menemukan daun cengkeh, di pasar tradisional yang dekat dengan lokasi anda. Namun, anda juga dapat mencarinya di pasar modern. Sudah banyak yang menggunakan cara ini, untuk mengusir lalat dengan mengeluarkan aroma rempah yang berasal dari daun cengkeh. Dalam hal ini, anda dapat membiarkan aroma daun cengkeh tersebar, agar lalat menghindar dan tidak datang.

Cara mengusir lalat menggunakan lilin

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Lilin adalah salah satu benda, yang biasa digunakan untuk membantu penerangan tradisional pengganti lampu terutama ketika lampu padam. Dalam hal ini, masih banyak juga orang yang belum mengetahui bahwa lilin sendiri dapat membantu untuk mengusir kehadiran lalat. Hal ini dikarenakan, nyalayang dimiliki oleh lilin dan juga panas yang di hasilkan akan mengganggu lalat tersebut.

Bukan hanya cahaya dan panas, bahkan aroma yang dihasilkan oleh lilin juga tidak disukai oleh lalat. Untuk mengusir lalat dengan lilin, anda dapat menyalakan lilin dan meletakannya di meja, atau tempat yang sering di datangi lalat. Biasanya dalam hal ini, meja makan adalah salah satu tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Cara mengusir lalat menggunakan bantuan sapu lidi

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Untuk mengusir lalat, sapu lidi dapat menjadi bantuan agar lalat pergi dan tidak kembali. Dalam hal ini, anda dapat mengibaskan sapu lidi tersebut untuk lalat. Dalam hal ini, biasanya cara ini digunakan untuk mengusir kehadiran lalat besar. Namun salah satu kelemahan dari cara ini memang sedikit melelahkan, dimana anda harus menepuk lalat tersebut agar pergi atau mati.

Cara mengusir lalat menggunakan minyak kayu putih

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Dari banyaknya cara yang ada, banyak cara yang digunakan untuk mengusir lalat dengan menggunakan bau yang tidak disukai lalat. Dalam hal ini, wangi lainnya yang tidak disukai oleh lalat adalah minyak kayu putih. Dengan adanya bau dari minyak kayu putih, hal ini akan secara otomatis mengusir lalat yang datang. Anda dapat menuangkan minyak kayu putih setidaknya satu tutup botol, letakan di ruangan.

Cara mengusir lalat menggunakan plastik yang sudah diisi air

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Memang banyak orang yang masih merasa aneh dengan cara yang satu ini, pasalnya hanya dengan menggunakan plastic yang diisi dengan air akan mengusir lalat. Dalam hal ini, Isilah plastic sampai melembung, gantungkan di area yang rawan dengan lalat. Dalam hal ini, pastikan bahwa air yang anda gunakan jernih agar dapat membiaskan cahaya, dan hal inilah yang membuat lalat pergi.

Cara mengusir lalat menggunakan daun pandan

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Banyak orang yang menyukai aroma daun pandan yang manis, namun hal ini berbeda dengan lalat. Lalat tidak menyukai wangi yang di hasilkan oleh daun pandan sendiri. Daun pandan memiliki aroma yang khas, dan sering di jadikan sebagai pengharum alami untuk nasi. Dalam hal ini, anda dapat menggunakannya dengan memotong daun pandan sehingga menjadi ukuran yang kecil.

Setelah itu, cobalah untuk meletakannya ke dalam baskom yang sudah diisi oleh air. Cobalah untuk meletakan baskom tersebut, di tempat yang sering di kunjungi oleh lalat. Selain di potong, anda juga dapat menanam daun pandan di dalam rumah. Cara ini sudah banyak dicoba, dan terbukti ampuh. Hal ini akan membuat seluruh ruangan mencium aroma daun pandan, dan memilih pergi.

Cara mengusir lalat menggunakan bunga lavender

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Lalat memang sangat peka terhadap wewangian, salah staunya dengan bunga lavender. Wangi bunga lavender, adalah wangi yang dinikmati oleh banyak orang namun tidak untuk lalat. Dalam hal ini, untuk mengusir lalat agar pergi, anda dapat menanam bunga lavender, seperti hal nya dengan daun pandan. Selain menanam bunga lavender tersebut, bahkan cara ini juga dapat dengan memotongnya kecil.

Potonglah bunga lavender tersebut, lalu masukan ke dalam baskon seperti halnya dengan daun pandan. Dalam hal ini, anda juga dapat memancing agar lalat datang terlebih dahulu dengan memasukan ke baskom. Selain untuk mengusir lalat, bunga lavender juga dapat sekaligus untuk menjadi pengharum ruangan.

Cara mengusir lalat menggunakan raket listrik untuk nyamuk

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Cara yang juga ampuh untuk mengusir lalat, adalah dengan menggunakan bantuan raket nyamuk. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan raket listrik nyamuk seperti dengan anda mengusir nyamuk yang ada di tempat anda. Cara ini dapat dijadikan sebagai cara lain yang tidak lebih melelahkan, dibandingkan dengan menggunakan bantuan sapu lidi. Cara ini juga dapat membunuh lalat lebih mudah.

Cara mengusir lalat menggunakan lem lalat

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Jika di tempat atau rumah anda ditemukan banyak lalat, anda dapat menggunakan lem lalat untuk menangkap lalat yang berkeliaran. Anda dapat melakukannya, dengan meletakan lem lalat di sekitar lokasi yang sering di datangi oleh lalat. Namun dalam hal ini, anda perlu berhati-hati agar tidak sembarangan melekat di tubuh anda. Lem lalat ini biasanya dijadikan perangkap untuk lalat.

Dalam hal ini, biasanya lem lalat ini sengaja di letakan di atas tudung saji yang dijadikan sebagai penutup makanan. Lem lalat ini akan menjaga agar makanan yang anda miliki, tetap terjaga dan terhindar dari kehadiran lalat. Lem lalat ini sangat mudah di temukan, belum lagi dengan harganya yang terjangkau.

Cara mengusir lalat menggunakan jeruk lemon

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Jeruk lemon adalah salah satu buah, yang sangat segar untuk dijadikan minuman terutama saat haus menyerang. Dalam hal ini, selain untuk di konsumsi, jeruk lemon juga di jadikan sebagai salah satu cara untuk mengusir lalat paling ampuh. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal mengiris lemon yang ada, lalu masukan ke dalam baskom yang sudah diisi oleh air.

Dalam hal ini, anda dapat meletakannya di tempat yang banyak di kunjungi oleh lalat. Ketika lalat mencium bau segar ini, lalat akan secara otomatis akan kabur karena bau yang tidak di sukai olehnya. Selain itu, anda juga dapat mencampur cairan jeruk lemon ini untuk digunakan sebagai cairan pencuci piring.

Cara mengusir lalat menggunakan garam dapur

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Selain digunakan untuk menjadi tambahan dari penyedap makanan, ternyata garam dapur dapat digunakan untuk mengusir kehadiran lalat. Caranya juga sangat mudah, dalam hal ini anda dapat menaburkan garam dapur yang anda miliki di tempat yang banyak di datangi oleh lalat. Hal ini akan membuat lalat pergi dan tidak kembali lagi.

Jangan lupa untuk menempatkan garam dapur diatas rak penyimpanan makanan yang anda miliki. Dalam hal ini, lalat tidak menyukai keberadaan garam dapur. Selain untuk mencegah lalat sendiri, anda juga dapat mencegah datangnya serangga seperti dengan semut dalam jumlah yang banyak.

Cara mengusir lalat dengan membuang sampah secara rutin

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Dalam hal ini, memang sudah kewajiban untuk melakukan pembuangan sampah secara rutin. Memang hal sepele untuk membuang sampah sembarangan, namun jika hal ini terjadi tentunya akan membuat sampah menumpuk semakin banyak. Bukan untuk merusak pemandangan yang ada, bahkan dalam hal ini dengan sampah yang menumpuk akan membuat sumber penaykit untuk banyak orang.

Lalat adalah salah satu serangga, yang sangat menyukai tempat yang kotor terutama tempat sampah. Jika memang anda jarang dalam membuang sampah, hal ini tentunya akan membuat kedatangan lalat semakin sering dan banyak. Untuk menghindari hal ini, anda dapat membuang sampah secara rutin, agar lalat tidak datang secara terus menerus.

Cara mengusir lalat menggunakan bawang putih

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

Tips lainnya untuk anda yang ingin mengusir lalat dari rumah adalah, anda dapat menggunakan bahan alami yang pastinya tidak akan menimbulkan efek apapun. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan bawang putih untuk mengusir kehadiran lalat agar tidak datang kembali. Hal ini dikarenakan, dari bau bawang putih sendiri yang sangat mengganggu untuk lalat, sehingga lalat akan pergi.

Hal ini juga dapat membuat lalat tersebut perih dengan baunya yang menyengat, tidak heran jika lalat ini tidak akan menyukai dengan adanya bau bawang putih jika ada dalam sekitar rumah. Cara ini sangat ampuh dan juga aman, untuk mengusir lalat dengan bahan yang ada di dalam rumah sekalipun.
Cara mengusir lalat dengan menghindarkan datangnya lalat

1. Selalu jagalah kebersihan dari halaman rumah

Dalam hal ini, salah satu penyebab yang membuat lalat senang berada di dalam rumah atau halaman rumah adalah kebersihan tempat itu sendiri. Lalat adalah salah satu binatang yang mana menyukai, dan juga tertarik dengan aroma yang kuat. Untuk menghindari datangnya lalat, anda dapat menyingkirkan bau yang kurang sedap, sehingga dapat membuat lalat pergi.

Selain itu ntuk anda yang memiliki hewan, ada baiknya jika anda dapat sering atau rutin membersihkan feses hewan tersebut. Dalam hal ini, kotoran hewan terutama feses anjing sendiri dapat di masukan ke dalam kantong yang sudah di tutup rapat sebelum anda memasukannya ke dalam tong sampah. Hal ini akan menghindari lalat yang hadir, terutama dalam jumlah yang banyak.

Anda juga dapat selalu menjaga, agar tempat sampah yang anda miliki agar selalu tertutup dengan rapat. Saat anda akan memiliki acara atau pesat dirumah, pasti anda akan memiliki banyak sekali sampah plastic yang ada. Dalam hal ini, anda dapat menutup rapat sampah yang ada, dan menutup kembali sampah plastic tersebut agar tidak mengundang lalat yang datang.

2. Rajinlah dalam memotong rumput di halaman

Memang hal ini seringkali tidak disadari oleh banyak orang, bahwa rumput yang memiliki ukuran yang panjang atau tinggi sangat disukai oleh lalat. Dalam hal ini, anda dapat memotong rumput anda yang tinggi, dan jangan membiarkan bekas potongan pada rumput atau daun dan semak hingga menumpuk di halaman. Hal ini akan menghindari lalat datang dan berkumpul.

3. Perhatikanlah wadah kompos yang ada

Seperti yang kita ketahui sendiri, bahwa bubuk kompos sendiri merupakan salah satu bahan-bahan yang dibusukan. Hal ini tentunya dapat menjadi kesukaan lalat untuk hinggap. Yang perlu anda perhatikan terhadap wadah kompos ini, agar tidak membuat lalat hinggap dengan mudah adalah:

– Jangan biarkan, tumpukan kompos yang anda miliki dalam kondisi yang lembab
– Cobalah untuk menyimpan pukuk kompos yang anda miliki, atau tumpukan kompos yang ada di lokasi yang jauh dari rumah.
– Cobalah untuk selalu menangani kompos dengan benar, hal ini seperti dengan menjaganya agar tetap matang. Hal ini dikarenakan, jika suhu atau udara kompos yang terlalu panas, di khawatirkan dapat menjadi salah satu tempat untuk berkembangnya lalat yang ada.

4. Cobalah untuk menghilangkan genangan air yang ada

Selain dengan tumpukan sampah atau rumput dan sebagainya, salah satu hal yang disukai oleh lalat adalah adanya genangan air atau bahkan kelembapan. Dalam hal ini, lalat sangat menyukai dengan kelembapan dan juga genangan air. Hal ini dapat anda lakukan, dengan cara untuk selalu menjaga agar air di tempat pemandian burung atau wadah hingga ember yang terisi air hujan tetap terjaga.

Dalam hal ini, anda dapat selalu menjaga dan juga membuang bekas wadah yang ditampung oleh air agar tidak menyebabkan tempat yang lembab dan dapat menampung air hujan. Pastikan hal ini selalu anda perhatikan, agar dapat mengusir kehadiran lalat yang pergi dan tidak membuat lalat tersebut semakin berkembang.

5. Cobalah untuk selalu membuang buah dan kulit dari tempat makan burung

Salah satu hal yang tidak banyak di perhatikan oleh abnyak orang adalah, kehadiran lalat sendiri datang akibat pemberian makan kulit dan buah pada burung. Dalam hal ini, anda dapat menjaga kebersihan tersebut dengan memberi buah pada burung, lalu meletakan buah dan juga kulitnya agar jauh dari rumah anda. Hal ini agar lalat tidak kembali atau bersarang di rumah anda.

Cara mengusir kehadiran lalat

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

1. Cobalah untuk membuat perangkap lalat

Banyak cara untuk membuat perangkap lalat. Perangkap lalat adalah salah satu cara, untuk anda yang ingin mengusir lalat dengan perangkap, dapat membuatnya sendiri. Untuk membuat perangkap lalat, cobalah untuk mencampurkan tepung jagung dan juga molasses. Dalam hal ini, anda dapat menempatkannya di piring yang dangkal dan juga letakan jauh dari teras.

Nantinya si lalat akan datang ke piring tersebut, bahkan mereka akan mengerumuni piring tersebut sehingga anda dapat terbebas dari lalat yang datang terutama saat anda sedang menikmati hidangan yang di sajikan.

2. Cobalah untuk mendatangkan pemangsa, yang memang akan memakan larva lalat yang ada atau dapat mengganggu siklus hidup yang dimiliki oleh lalat.

Dalam hal ini, anda dapat membeli sejenis tawon, yang mana biasanya suka memangsa lalat. Anda dapat menemukannya di tempat serangga. Hal ini akan membantu lalat musnah, dna tidak mengganggu anda lagi.

3. Tempatkan lampu yang dapat menjadi perangkap lalat di malam hari

Saat ini untuk dapat menjebak lalat yang ada, anda dapat menggunakan lampu perangkap lalat yang mana memiliki muatan listrik. Dengan menggunakan lampu ini, lalat akan masuk ke dalam perangkap dan mati. Anda dapat mencoba untuk menggantungkan lampu perangkap lalat ini, dimana lokasi yang sering di lewati atau dihinggapi lalat namun jauh dari jangkauan orang.

Perlu anda perhatikan, bahwa hati-hati saat anda akan memasangnya. Bukan hanya melukai lalat, namun hewan ini dapat membuat anda kesakitan karena menyentuhnya. Memang tidak akan memberikan efek yang berbayaha, namun ana perlu berhati-hati.

4. Gantungnya kantong yang sudah diisi dengan vodka

Untuk anda yang memang memiliki vodka, tidak ada salahnya untuk menggantungkan minuman ini dengan kanting plastic di rumah. Vodka adalah salah satu jenis minuman, yang baunya tidak disukai oleh lalat. Dalam hal ini, anda dapat mengusir lalat hanya dengan minuman vodka agar lalat tidak datang kembali ke rumah anda.

Anda juga dapat menggunakan kantong freezer, yang memiliki ukuran satu liter dan menempatkannya di balkon dengan menggunakan bantuan tali. Selain itu, anda juga dapat menggunakan vodka yang murah.

5. Cobalah untuk membeli tanaman karnivor

Untuk mengusir lalat, daripada menggunakan jebakan dan sebagainya. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan membeli tanaman karnivor. Tanaman ini akan memakan serangga yang hadir, seperti salah satunya lalat. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan tanaman kantong semar, venus fly trap atau tanaman karnivor lainnya.

6. Jangan membersihkan semua sarang laba-laba dirumah

Banyak yang tidak mengetahui hal ini, bahwa laba-laba sendiri adalah salah satu hewan yang memakan lalat. Dalam hal ini, anda dapat menjadikan sebagai laba laba menjadi predator yang alami untuk lalat yang hadir. Bahkan anda dapat menyisakan beberapa laba-laba, untuk sengaja memangsa lalat yang hadir.

7. Jangan biarkan daging di luar

Salah satu hal yang membuat lalat datang, bahkan berkerumun adalah bau dari daging. Dalam hal ini, lalat sangat menyukai aroma daging terutama untuk panggangan barbeku. Hal ini tentunya dapat anda hindari dengan :

– Cobalah untuk selalu menyimpan daging dalam keadana yang tertutup. Pastikan jika daging tertutup rapat, jika anda belum akan menempatkan daging tersebut di dalam panggangan.
– Cobalah untuk selalu menutup panggangan, ketika daging masih dalam proses pemasakan.
– Amankan penjepit atau peralatan masak yang anda gunakan, untuk memanggang peralatan daging tersebut. Pastikan anda mencuci penjepit atau alat masak yang akan digunakan. Hal ini untuk mengindari, resiko bahwa alat makan tersebut sudah dihinggapi oleh lalat sebelumnya.

Tips untuk mengusir lalat dengan mudah

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

1. Memang banyak cara untuk anda yang ingin membuat jebakan untuk lalat, namun dalam hal ini pastikan bahwa jebakan tersebut dapat membuat kaki lalat tersebbut melekat. Anda dapat menggunakan selai kacang, lem, kertas atau bahkan dengan madu. Hal ini dapat membuat lalat terjebak dengan mudah.

2. Memang untuk beberapa orang percaya, bahwa dengan mengusir lalat dapat di lakukan dengan cara menggantung sebuah objek yang mengkilap. Namun, dalam hal ini memang tidka terbukti secara nyata namun anda dapat menggantung foil alumunium atau apa saja yang dapat memantulkan cahaya saat berada di dekat teras atau taman.

3. Lalat juga memiliki tempat yang mana ekosistemnya terjaga baik, alangkah baiknya jika anda dapat membasminya secara menyeluruh.

4. Untuk dapat melakukan pengusiran dengan baik, anda juga dapat menyingkirkan berbagai bahan yang sekiranya dapat membantu larva untuk berkembang biak. Dalam hal ini, anda dapat memutus siklus hidup yang dimiliki oleh lalat agar tidak munculnya lalat dewasa. Anda dapat menggunakan pestisida kimia yang mana, terkadang dapat menekan populasi lalat dewasa.

Cara mengusir lalat pada buah

Cara Mengusir Lalat
Cara Mengusir Lalat

1. Cobalah carilah sumber, dimana lalat buah terus berdatangan. Dalam hal ini, anda dapat mencari di sudut dapur untuk mencari tahu mungkin terdapat buah atau makanan yang membusuk.

2. Cobalah untuk membersihkan area yang mana disenangi oleh lalat buah tersebut. Sisa-sisa makanan yang ada, dapat menjadi salah satu alasan bahwa lalat buah dapat berkembang biak.

3. Cobalkah untuk memanfaatkan bahan alami yang bebas racun, untuk dapat mengusir kehadiran dari lalat buah.

Itulah beberapa cara mengusir lalat, baik di buah atau bagaimana untuk menghindari lalat agar tidak datang ke rumah atau di manapun. Dalam hal ini, lalat mampu untuk membawa bakteri yang tidak baik, maka dari itu merupakan salah satu alasan untuk dapat menghindari datang atau berkerumunnya lalat yang datang.

Previous article7+ Cara Melacak HP yang Hilang (Android & Iphone) 100% Work
Next article17 Cara Mengusir Tikus di Rumah Paling Ampuh (100% WORK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here