Home Inspirasi Review

Review

269
0

IndoINT.com

Kata review pasti tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Sebab review sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Sebelum membeli suatu produk, pasti terlebih dahulu orang-orang akan mencari informasi dan penilaian tentang barang yang akan dibeli. Informasi tersebutlah yang dinamakan review. Ingin tahu lebih tentang review? Simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Review

Review adalah ringkasan dan/atau ulasan dari berbagai sumber seperti buku, drama, film, musik, berita dan masih banyak lagi. Dengan adanya review pembaca dapat mengetahui keunggulan, kelemahan serta kualitas dari suatu karya atau produk. Review dapat dikatakan sebagai gambaran dari suatu karya atau produk.

Karena tujuan dari review memang untuk memberikan informasi ke pembacanya tentang suatu hal. Review juga bisa membuat pembacanya penasaran akan karya atau produk yang diulas. Sehingga pembaca pun terdorong untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian review sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.

Ciri Ciri Review

Agar dapat dibedakan dengan jenis teks lainnya, review mempunyai beberapa ciri-ciri yaitu:

  • Menggunakan kata yang cukup panjang tetapi kompleks.
  • Tinjauan yang fokus pada kata sifat.
  • Menggunakan sebuah perumpamaan.
  • Fokus pada sebuah specific participants atau objek yang spesifik.

Tujuan Review

Review memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada keinginan penulisnya. Namun tujuan utama dari review adalah untuk memberikan gambaran, informasi, ide atau gagasan dari sebuah karya ataupun produk yang dibuat. Tidak hanya buku saja, jangkauan dari review sangatlah luas meliputi film, musik, produk dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa tujuan dari review, antara lain:

1. Sebagai bahan pertimbangan

Karena berisi gambaran, informasi, juga gagasan dari sebuah karya atau produk, review sering dijadikan pertimbangan oleh pembacanya sebelum membeli produk tertentu. Materi yang disajikan pada review bertujuan untuk menunjukkan bahwa materi tersebut tepat atau cocok bagi segmen pembaca yang menjadi targetnya.

2. Pengembangan kreativitas

Semakin sering seseorang menulis, maka akan semakin terasah kemampuan menulisnya. Hal ini tentu akan mengembangkan kreativitas seseorang dalam menulis.

3. Sarana promosi buku

Umumnya buku yang diresensi merupakan buku baru yang belum pernah direview sama sekali. Dengan demikian, review merupakan media yang tepat untuk mempromosikan buku baru.

4. Nilai ekonomis

Review sering dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk mencari pundi-pundi uang. Penulis review juga akan memperoleh buku atau barang yang diulas secara gratis jika reviewnya dimuat pada majalah atau koran.

Jenis Jenis Review

1. Review buku

Meskipun di zaman teknologi sekarang ini buku elektronik atau e-book lebih populer. Namun tetap ada beberapa orang yang masih menyukai buku cetak. Sebenarnya baik buku elektronik maupun buku cetak sama-sama memerlukan review buku. Selain digunakan untuk promosi, review juga bermanfaat bagi para pembaca dalam menemukan bacaan yang tepat.

Contoh:

  • Judul : Jarak Antarbintang

Pengarang       : Naimmah Nur Aini

Penerbit           : Elex Media Komputindo

Kategori           : Novel

ISBN                : 978-602-04-6048-2

Tahun terbit      : 2018

  • Ikhtisar isi buku

Biografi penulis

Buku serupa

Perbandingan dengan buku serupa (jika ada)

  • Ringkasan
  • Isi dari review buku
  • Kesimpulan dan penutup

2. Review jurnal

Review jenis ini dibuat sebagai strategi untuk mempermudah pembaca dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan dan dibahas pada sebuah jurnal.

Contoh struktur:

  • Judul

Jurnal

Volume & Halaman

Tahun

Penulis

Reviewer

Tanggal

  • Tujuan Penelitian

Subjek Penelitian

Metode Penelitian

Langkah-Langkah Penelitian

Hasil Penelitian

  • Keunggulan

Kelemahan

3. Review teks

Review teks adalah teks yang berfungsi untuk mengklasifikasi suatu karya baik itu buku, film, drama, atau yang lainnya. Tujuan dari review teks adalah agar pembacanya tahu tentang keunggulan, kelemahan, serta kualitas dari karya tersebut.

4. Review gadget

Struktur tulisan review produk sangat cocok digunakan untuk mempromosikan gadget keluaran terbaru. Apalagi semakin hari berbagai perusahaan gadget makin bersaing dalam menciptakan dan menjual gadget yang canggih. Maka untuk menarik minat masyarakat akan gadget, review sangat diperlukan sebagai salah satu media promosi.

5. Review makanan

Kuliner dengan berbagai inovasi yang menggiurkan terus menjamur akhir-akhir ini. Dan lagi-lagi review sering dijadikan sebagai media promosi oleh penjual. Apabila ingin menulis review makanan, penulis harus benar-benar mencoba makanan tersebut. Hal ini bertujuan agar penulis bisa mendeskripsikan rasa, isi, bau, dan harga dari makanan.

6. Review elektronik

Karena memiliki peran penting dalam kehidupan, orang-orang akan mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli peralatan elektronik. Maka dari itu dibuatlah review untuk membantu pembeli dalam mendapatkan barang elektronik yang diinginkan.

7. Review film

Sebelum menonton sebuah film, kebanyakan orang pasti akan mencari tahu tentang film tersebut melalui review. Umumnya review film berisikan garis besar cerita, pemain film, dan alasan kenapa film tersebut harus ditonton atau tidak ditonton.

8. Review aplikasi

Banyaknya gadget canggih yang terus bermunculan diiringi pula dengan kehadiran berbagai macam aplikasi penunjang. Sebelum mendownload aplikasi pendukung kegiatan sehari-hari, pengguna akan memanfaatkan review untuk mengetahui fitur, kelebihan serta kekurangannya.

Struktur Review

Review atau ulasan memiliki dua struktur umum yaitu pengenalan dan evaluasi, berikut penjelasannya:

1. Pengenalan

Bagian ini berisikan pengantar umum untuk fragmen atau materi yang sedang diulas. Pengantar umum tersebut meliputi nama pengarang, asal, latar belakang, dan lain sebagainya.

2. Evaluasi

Pada bagian ini, penulis review bisa mengutarakan pendapatnya tentang sesuatu yang sedang dibahas. Karya atau benda yang menjadi objek review akan ditinjau dan dibedah secara dalam pada bagian ini. Setelah kelebihan dan kekurangan sudah dibahas, bagian yang terakhir adalah kesimpulan.

Cara Membuat Review

Dalam membuat review terdapat beberapa tahap yang harus diperhatikan. Berikut tahap-tahap untuk membuat review agar informasi yang disampaikan dapat ditangkap dengan mudah oleh pembacanya.

  • Harus memahami dengan betul objek yang ditinjau, misal me-review buku maka penulis review harus membacanya hingga selesai.
  • Buat review buku dengan kalimat yang dapat mendeskripsikan isi buku tersebut.
  • Gunakan teknik penulisan yang baik.
  • Buat alur penulisan yang menarik.
  • Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari buku.
  • Penulis harus menuliskan pemikirannya secara ringkas tentang buku yang diulas.
  • Penulis bisa menuliskan rekomendasi ke pembaca, mengapa karya harus dibaca/ditonton atau sebaliknya.

Berisi gambaran dan juga informasi dari suatu karya atau produk, membuat review menjadi salah satu media promosi yang sangat ampuh. Membuat review tidak semudah yang dibayangkan, karena penulis harus tahu betul dan paham akan objek yang diulas. Penulis juga harus memberi argumen yang kuat mengapa karya/produk tersebut direkomendasikan atau tidak direkomendasikan.

Posting Review ditampilkan lebih awal di Sahabatnesia.

Previous articleGambar Pemandangan
Next articleRAB (Rencana Anggaran Biaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here