Home Inspirasi Ucapan Selamat Idul Adha

Ucapan Selamat Idul Adha

108
0

IndoINT.com

Zaman dahulu kala, Nabi Ibrahim AS diutus oleh Allah untuk menyembelih anaknya. Beliau melaksanakan utusan-Nya, kemudian menyembelih anaknya. Saat Allah mengubah anak Nabi Ibrahim AS dengan anak kambing. Berawal dari peristiwa inilah, Hari Raya Idul Adha diperingati. Biasanya, ketika Hari Raya Idul Adha, setiap umat muslim ramai saling memberi ucapan.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha untuk Teman

Ketika menjelang Hari Raya Idul Adha, pasti banyak umat muslim saling memberikan ucapan kepada orang–orang terdekat, salah satunya kepada teman sepermainan. Namun, seringkali banyak orang yang masih bingung dengan susunan kata ucapan Hari Raya Idul Adha. Akhirnya, banyak yang begadang membuat kata–kata menarik, untuk dikirim ke teman–teman. Berikut kata-kata yang bisa membantumu.

  1. “Perlu kamu ketahui teman, dalam sehelai bulu seekor hewan kurban, memiliki makna berupa satu kebaikan yang ada dalam diri kita. Oleh sebab itu, pada kesempatan hari ini, izinkan aku memberikan ucapan Selamat Hari Raya Kurban 1441 H 10 Dzulhijjah. Dalam memeringati Hari Raya Idul Adha ini, aku berharap bahwa sekarang sampai seterusnya dapat saling mengingatkan, agar senantiasa berbuat kebaikan.”
  2. “Sudah lima tahun lamanya, kita tidak pernah bertatap muka. Apakah kamu dan keluarga sehat? Aku harap sehat. Bagaimanakah kabarmu di tempat perantauan sana wahai teman kecilku? Aku selalu menunggu kedatanganmu, serta senantiasa berharap bahwa kamu selalu diberikan lindungan juga keberkahan oleh Allah swt.”
  3. “Apabila Hari Raya Idul Adha tahun ini kita tidak juga berjumpa, maka Insyaallah masih ada lain hari untuk kita dapat bertemu kembali. Untuk itu, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan sehat dan kenikmatan yang tiada habisnya. Amin.”
  4. “Pada kesempatan yang fitri ini, seringkali aku merasakan kegelisahan yang teramat dalam. Rasa gelisah ini, membuatku sangatlah resah setiap harinya. Seringkali, bayangan tentang kebersamaan kita di sekolah, selalu hadir dan membuatku tersenyum ketika mengingatnya.”
  5. “Rasa gelisah yang selalu aku rasakan, terus menerus menggerogoti relung hatiku yang paling dalam. Rasa ini membuatku ingin menghubungimu secepat mungkin. Percayalah semua kenangan yang telah kita lakukan bersama, selalu tersimpan di dalam pikiran dan hatiku.
    Aku selalu belajar dari kesalahan dan rasa khilaf yang pernah aku lakukan. Rasa khilaf dan salah ini, berhasil membuatku tabah setiap harinya. Namun rasa sakit yang terima, membuatku menjadi tidak tenang dalam menjalani kehidupan sehari–hari. Sesekali aku menangis ketika mengingat kesalahan dan rasa khilafku kepadamu.
    Oleh sebab itu, pada momen yang berbahagia ini, aku hendak mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Pemberian maafmu menjadi hal yang sangat berharga bagi aku. Semoga hari–hariku selanjutnya, bisa aku lalui denganmu layaknya masa sekolah dulu, tanpa adanya masalah di antara kita.”
  1. “Waktu demi waktu selalu saja berjalan dan berganti secara terus menerus. Sungguh, tanpa terasa hari yang fitri sudah datang kembali. Suara takbir yang sangat merdu, kini mulai terdengar pertanda Hari Raya Idul Adha sudah dimulai.
    Pada kesempatan ini, aku ucapkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 H 10 Dzulhijjah. Mohon maaf atas sikap dan perbuatan saya yang pernah menyakiti hatimu. Semoga kita senantiasa dipertemukan pada Hari Raya Idul Adha selanjutnya.”
  1. “Hai teman, aku hanya ingin mendoakan, semoga kita semua selalu diberikan kelezatan dalam hidup. Selezat sate kurban yang baru dimasak dengan bumbu kecap. Semoga rasa imanmu selalu dipenuhi dengan ketegaran, setegar Nabi Ibrahim AS yang merelakan anaknya.
    Untuk itu, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga hari–hari yang kita semua jalani ini, dapat menjadikan pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim AS.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha untuk Keluarga

Hari Raya Idul Adha, seringkali menyebarkan ucapan kepada teman–teman sekitar. Namun, ucapan Hari Raya Idul Adha juga bisa dikirimkan untuk keluarga besar di rumah. Akan tetapi, membuat ucapan tersebut tidaklah mudah. Ada hal yang membedakan antara ucapan Hari Raya Idul Adha untuk teman sepermainan dengan keluarga besar. Salah satunya adalah dari bahasa. Berikut contoh ucapan yang bisa digunakan.

  1. “Ketika air mata mulai membasahi pipi Nabi Ibrahim AS, karena harus merelakan anaknya demi keteguhan imannya kepada Allah swt. Maka, saat itulah sebuah cerita sejarah dan peristiwa mulai tercipta.
    Semua umat muslim bersama–sama menyenandungkan asma Allah swt. yang bergema dan menghiasi malam di seluruh dunia. Seluruh umat muslim, senantiasa berbahagia ketika menyambut hari yang penuh fitri dan kemenangan.
    Untuk itu, pada momen yang indah ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga kita semua selalu dilindungi dan diberikan rezeki halal oleh Allah swt. Amin.”
  1. “Makna dalam Hari Raya Idul Adha bukanlah adanya seekor sapi dan kambing yang disembelih. Melainkan, adanya rasa kerendahan hati dan juga ikhlas, yang menjadi esensi dari Hari Raya Idul Adha itu sendiri.
    Ketika gema takbir yang dikumandangkan di seluruh Masjid, maka saat itulah umat muslim akan merasakan kebahagiaan di dalam hatinya. Kemudian saat itu juga, seluruh umat muslim menegakan salat sunnah berjamaah di seluruh Masjid.
    Dengan begitu, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang tidak pernah terputus setiap harinya. Amin ya rabbalalamin.”
  1. “Sebelum seekor sapi dan kambing disembelih hingga menjadi masakan tongseng dan sate, izinkanlah aku untuk mengucapkan sepatah dua patah kata, menjelang hari kemenangan ini. Saya ingin mengucapkan Selamat Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga ke depannya, hidup kita senantiasa dipenuhi rasa syukur, kebagiaan, dan juga keberkahan yang terus menerus dirasakan. Amin.”
  2. “Ketika rasa iman kita diuji oleh Allah swt. berupa kewajiban untuk merelakan sesuatu yang dinilai berharga, saat itulah kita tergolong orang–orang yang disayangi oleh-Nya. Oleh sebab itu, jangan pernah bersedih hati, ketika harus merelakan sesuatu yang sangat kita sayangi. Insyaallah Allah swt. berikan ganti yang sangat baik.
    Kondisi ini, sama halnya dengan Nabi Ibrahim AS yang mendapatkan ujian dari Allah swt. Alhasil, anak Nabi Ibrahim AS, berganti menjadi seekor kambing yang siap untuk disembelih. Dengan begitu, saya hendak mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kita senantiasa selalu disayangi oleh Allah swt. Amin.”
  1. “Ketika ucapan membuat dusta.
    Ketika perjalanan membuat lara.
    Ketika hati penuh amarah.
    Ketika langkah menciptakan luka.
    Izinkan saya untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga kita semua bisa saling mengucapkan maaf, ketika ada salah di antara kita.”

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha untuk Pasangan

Hari Raya Kurban identik dengan ucapan yang ditujukan kepada seluruh umat muslim. Sehingga, tidak heran ketika menjelang malam takbiran Hari Raya Idul Adha, banyak orang yang sibuk menyusun kata–kata ucapan. Kata-kata ucapan tersebut, nantinya akan dikirim ke teman, keluarga, dan juga pasangan. Oleh sebab itu, persiapkan setiap ucapan yang menarik. Berikut kata-kata yang disarankan untuk Anda.

  1. “Kamu pasti sudah sering mendengar kisah kehidupan Nabi Ibrahim AS. Beliau sangat mematuhi semua perintah Allah swt. Hingga akhirnya, beliau diuji melalui anaknya yang harus disembelih.
    Beberapa jam lagi, kita semua umat muslim, akan memperingati momen yang paling berharga. Suara takbir yang akan menggema di seluruh dunia. Lalu helaian dari bulu hewan kurban, akan berguguran menjadi sebuah kebaikan untuk seluruh umat muslim di dunia.
    Untuk itu, saya akan mengucapkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga, kita senantiasa dipertemukan pada Hari Raya Idul Adha selanjutnya. Amin.”
  1. “Duhai kekasihku, izinkan aku untuk memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kita selalu semangat dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha ini dan tahun–tahun berikutnya. Tidak lupa, aku berdoa agar kita senantiasa diberi kekuatan untuk selalu bersama–sama selamanya, hingga maut memisahkan kita. Amin.”
  2. “Aku pasti orang yang sudah menjadi kesekian kalinya, untuk mengirimkan pesan berupa ucapan selamat di hari yang berbahagia ini. Dengan begitu, kemungkinan besar kamu belum membaca sejumlah pesan ucapan, yang membanjiri handphone kamu dan belum sempat dibalas.
    Oleh sebab itu, pada momen yang berbahagia ini, aku hendak mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kita semua dipertemukan di Hari Raya Idul Adha selanjutnya.”
  1. “Menurutku, tiada ucapan dan kata yang terindah, selain doa yang dilantunkan. Sama seperti momen kemenangan yang diperingati hari ini, yaitu Hari Raya Idul Adha. Aku selalu memanjatkan doa, agar selalu dilimpahkan perlindungan dan juga keberkahan di setiap perjalanan kehidupan. Tidak lupa, aku selalu berdoa untuk dijauhkan dari hal buruk.
    Dengan begitu, aku ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang tidak terputus setiap harinya. Amin.”
  1. “Kehidupan di dunia yang penuh kebahagiaan dan keindahan ini, hanya bersifat sementara saja. Kebahagiaan dan keindahan yang kamu rasakan dari kekasih, hanya sebentar saja. Setelah berjalannya waktu, akan hilang karena suatu alasan.
    Terkadang, semua mimpi yang sudah kamu susun selama ini, tidak semuanya terwujud. Berbeda dengan pertemanan di antara aku dan kamu, yang akan menjadi suatu hal yang pasti sampai kapanpun. Pada kesempatan yang terbuka lebar ini, aku hendak menghaturkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah.”

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha untuk Teman Kerja

Hari Raya Kurban, seringkali ditujukan kepada teman kerja dan juga kolega. Hal ini karena teman kerja adalah orang terdekat yang selalu ada setiap harinya. Oleh sebab itu, seringkali masyarakat menimbang–nimbang ketika membuat ucapan Hari Raya Idul Adha untuk teman kerja. Tujuannya adalah agar tidak ada yang tersinggung dengan ucapan yang dikirimkan nanti. Berikut ucapan yang cocok untuk teman kerja.

  1. “Padang rumput yang tampak hijau, kini telah sepi karena sudah tidak ada lagi sapi dan kambing yang menikmatinya. Biasanya, mereka akan tampak sedang menikmati, ketika dilepaskan di padang rumput tersebut. Akan tetapi, kini semua akan menjadi kenangan yang sangatlah manis.
    Sekarang, seekor sapi dan kambing itu sudah menjadi sate yang lezat. Dengan adanya peristiwa Hari Raya Idul Adha, mengajarkan kita untuk sadar bahwa seluruh makhluk Allah swt. akan kembali dengan wujud yang berbeda–beda.
    Bila seekor kambing dan sapi akan kembali karena dijadikan sebagai hewan kurban. Lalu, sebelum aku kembali kepada Allah swt. izinkan aku untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Mohon maaf bila ada kesalahan yang menyakiti hatimu. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesempatan untuk berjumpa kembali. Amin.”
  1. “Bulan memancarkan keindahan.
    Bintang memancarkan kerlipan.
    Ketika mendengar suara takbir berkumandangkan.
    Tenang rasanya perasaan.
    Untuk seluruh teman kerja saya, Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga hari–hari yang kita jalankan, dapat lebih baik dan bahagia ke depannya. Amin.”
  1. “Ketika Bunga Matahari mekar di pagi hari.
    Berkilau kuning sampai menyentuh hati nurani.
    Kata-kata ini saya kirimkan lewat pesan, sebagai ganti bertemu diri.
    Ucapan selamat aku haturkan dari relung hati.
    Saya dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah.
  1. “Tiada hari buruk dalam hidup ini. Baik dan buruknya hari, tergantung dari sikap kamu sehari–hari. Oleh sebab itu, marilah bersikap baik kepada sesama manusia. Teruntuk kamu, teman kerja saya yang mungkin seringkali terbebani, dan juga lawan kerja saya yang sering tersakiti. Saya ucapkan mohon maaf yang sebesar–besarnya.
    Kini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga makna dalam Hari Raya Idul Adha kini, tertanam dalam hati.
  1. “Takbir dikumandangkan di seluruh Masjid yang ada di dunia. Kini, tanda Hari Raya Idul Adha sudah mulai terlihat. Mungkin, kata maaf yang saya ucapkan, tidak akan mengembalikan rasa sakit dalam hati Anda. Namun, dengan permintaan maaf itulah, akan membuat masa depan menjadi lebih indah dan tercipta rasa persaudaraan di antara kita semua.
    Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga kita semua senantiasa diberikan barokah dan juga ampunan oleh Allah swt.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha untuk Story Whatsapp

Perayaan Hari Raya Idul Adha identik dengan ucapan yang dikirimkan kepada keluarga, teman kerja, sahabat, hingga kolega. Namun, ada saja beberapa orang yang mengucapkan Hari Raya Idul Adha melalui story WhatsApp. Ucapan melalui story WhatsApp dinilai lebih praktis, tanpa harus spam chat kepada setiap orang. Berikut ucapan selamat Idul Adha bisa digunakan.

  1. “Takbir sudah mulai terdengar. Sebelum terlambat, saya dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga kita semua selalu diberikan perlindungan oleh Allah swt. Amin.”
  2. “Marilah kita berbagi rezeki di hari yang fitrah ini kepada orang–orang yang membutuhkan. Berbagi rezeki bisa diwujudkan dengan berkurban seekor kambing atau sapi. Namun, bila kamu belum bisa berkurban seekor kambing atau sapi, kamu bisa berbagi melalui sedekah yang berupa uang.
    Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga rezeki yang kamu berikan dalam bentuk apapun, dapat diterima oleh Allah swt. Amin.”
  1. “Kami mengucapkan, Selamat Hari Raya Kurban. Semoga tahun depan, kita semua dapat berkurban kembali. Amin.”
  2. “Adanya peristiwa Idul Adha, senantiasa mengingatkan kita pada rasa ikhlas dan taat kepada Allah swt. Selamat Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah 10 Dzulhijjah. Semoga kita semua mendapatkan banyak kebaikan. Amin.”
  3. “Kami segenap keluarga besar Sutoyo, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga setiap langkah kita, senantiasa diberikan kebaikan. Amin.”

Ucapan Hari Raya Idul Adha, seringkali dikirimkan kepada keluarga, teman kerja, sahabat, kolega, hingga teman sepermainan. Akan tetapi, dalam membuat ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha tidaklah mudah. Hal ini karena ucapan tersebut harus disusun dengan bahasa yang tepat. Tujuannya, agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Previous articleUcapan Selamat Wisuda
Next articleMakanan Khas Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here