Home Bisnis Online Tutorial Setting Metode Pembayaran WooCommerce dengan Biteship

Tutorial Setting Metode Pembayaran WooCommerce dengan Biteship

30
0

Biteship adalah platform pemesanan jasa kirim berbagai layanan logistik. Kalau ingin menggunakannya di toko online Anda, cukup integrasikan plugin Biteship dengan WooCommerce WordPress Anda. 

Cara memasang shipping WooCommerce dengan Biteship pun cukup mudah, loh! Ingin tahu cara setting metode pembayaran WooCommerce dengan Biteship sebagai plugin ongkos kirim?

Anda telah menemukan artikel yang tepat! Kami akan membahas lengkap cara memasang plugin Biteship, mulai dari integrasi plugin dengan WooCommerce, sampai testing plugin Biteship.

Yuk, simak lebih lanjut!

Cara Memasang Shipping WooCommerce dengan Biteship

Memasang shipping WooCommerce dengan Biteship dapat dilakukan dengan lima langkah saja, yaitu :

  1. Registrasi Akun Biteship
  2. Integrasi Biteship dengan WooCommerce
  3. Install Biteship di WordPress
  4. Setting Plugin Biteship
  5. Testing Plugin Biteship

Nah, ini dia penjelasan lengkapnya :

1. Registrasi Akun Biteship

Anda harus mempunyai akun Biteship agar bisa memasang plugin Biteship WooCommerce pada website. Kalau Anda belum memilikinya, Anda dapat melakukan registrasi akun Biteship di website resminya.

Silahkan masukkan nama lengkap, email serta password yang akan Anda gunakan pada kolom yang tersedia. Jika semua data sudah terisi dengan benar, klik tombol Submit.

login biteship

Setelah memiliki akun Biteship, login terlebih dulu untuk melakukan integrasi Biteship dengan WooCommerce. Masukkan email dan password akun Biteship yang telah Anda buat, lalu klik Submit.

2. Integrasi Biteship dengan Woocommerce

Setelah masuk ke halaman beranda akun Biteship Anda, pilih menu Integrasi yang terdapat pada sidebar menu. Lalu, scroll ke bawah dan klik tombol Aktifkan pada pilihan WooCommerce.

Integrasi biteship dengan woocommerce

Selanjutnya, Anda perlu memilih paket WooCommerce yang akan Anda gunakan. Ada 4 paket yang tersedia, yaitu : Free, Essentials, Standar dan Premium. Keempat paket ini memiliki perbedaan pada jumlah layanan jasa pengiriman yang tersedia.

Pilih paket woocommerce

Jangan lupa klik tombol Aktifkan untuk mengaktifkan paket yang Anda inginkan. Pada contoh ini, kami akan menggunakan paket WooCommerce yang Free

Jika sudah aktif, maka kunci API akan terbuat. Kunci ini merupakan lisensi Biteship yang akan digunakan saat melakukan setting plugin Biteship di WordPress.

Salin kode tersebut dan simpan di catatan pribadi Anda, karena kunci API ini hanya dapat ditampilkan satu kali.

Namun, jika Anda lupa menyimpannya, Anda bisa membuat ulang kunci API dengan cara klik tombol Buat Ulang seperti pada gambar berikut ini :

Buat ulang kunci API Biteship

Nah, sampai sini Anda sudah mendapatkan kunci API untuk integrasi Biteship dengan WooCommerce. Sekarang, saatnya melakukan instalasi plugin Biteship di WordPress.

3. Install Biteship di WordPress

Instalasi plugin Biteship dilakukan melalui dashboard admin WordPress Anda. Namun, pastikan plugin WooCommerce sudah terinstall pada WordPress terlebih dulu.

Caranya Anda bisa memilih Add New pada menu Plugins. Lalu, ketikkan biteship pada kolom pencarian plugin. Jika sudah ditemukan, klik Install Now.

Menambahkan plugin Biteship melalui dashboard WordPress

Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai dilakukan. Kemudian, klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

Aktivasi Biteship plugin ongkos kirim di WordPress

Untuk mengecek apakah plugin Biteship sudah terinstall dan aktif, silahkan masuk ke sub menu Settings pada menu WooCommerce. Lalu, pilih tab menu Shipping

Install plugin biteship

Jika sudah terinstall, Anda akan melihat menu Biteship seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

4. Setting Plugin BiteShip

Pada halaman Shipping Biteship, scroll ke bawah dan isikan detail setting Biteship .

Pertama, salin kunci API yang telah Anda peroleh dari website Biteship pada langkah sebelumnya. Kemudian, masukkan kunci tersebut pada kolom Biteship License.

Kedua, pilih By District and Postal Code pada kolom Customer address type.

Ketiga, masukkan alamat lengkap lokasi pengiriman pada kolom Active address dan kode pos pada kolom ZIP code.

Keempat, ketik angka 1 pada kolom Default Shipping Weight untuk mengatur berat default barang yang dikirim dalam ukuran kilogram.

setting plugin biteship

Kelima, jika semua detail sudah terisi seperti pada gambar di atas, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Keenam, ketika tampilan berubah seperti pada gambar di bawah ini, pilih Active address yang telah dimasukkan sebelumnya. Lalu, klik Save Address untuk menyimpan alamat.

Pilih alamat kirim

Ketujuh, pilih jasa kirim yang akan Anda gunakan. Untuk mengaktifkannya, pindahkan toggle menjadi ON pada jasa kirim yang Anda pilih. Jangan lupa, klik Save Changes.

Pilih jasa kirim

Nah, itu dia pengaturan yang dibutuhkan pada plugin Biteship. Seharusnya, plugin Biteship sudah dapat berjalan dengan baik di website WordPress Anda. Yuk, mari coba lakukan testing dulu!

5. Testing Plugin BiteShip

Untuk melakukan testing, Anda bisa mencoba melakukan pembelian produk, sampai ke menu checkout. Isikan juga detail pengiriman dan alamat tujuan pengiriman, ya.

Contoh halaman pengiriman setelah setting berhasil dilakukan

Kalau berbagai pilihan jasa kirim muncul ketika Anda memasukkan kode pos pada kolom Postcode/ZIP, artinya plugin Biteship sudah berjalan dengan baik di website toko online Anda.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara memasang shipping WooCommerce dengan Biteship. Sangat mudah, bukan? Hanya perlu lima langkah, kok.

Mari pelajari kembali cara melakukan setting metode pembayaran WooCommerce dengan Biteship setelah memiliki akun:

  • Mendapatkan kunci API sebagai lisensi untuk mengintegrasikan Biteship dengan WooCommerce
  • Menginstall plugin Biteship di WordPress
  • Melakukan setting pada plugin Biteship.

Dengan Biteship, Anda lebih mudah untuk memesan berbagai kurir jasa pengiriman dalam satu platform. Apalagi, pilihan paketnya beragam dan ada juga yang free, meskipun tidak selengkap paket premium.

Yang istimewa, pelanggan Niagahoster yang akunnya sudah memiliki 100 poin, bisa menukarnya dengan plugin premium Biteship!

Poin dari Niagahoster akan Anda dapatkan setiap kali melakukan transaksi pembelian produk dan layanan. Jadi, semakin sering bertransaksi, semakin banyak poin yang Anda dapatkan. 

Tertarik untuk mendapatkan poin agar bisa merasakan fitur premium dari Biteship? 

Previous article10+ Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik
Next articleDigital Marketing: Upaya Jitu Promosi Bisnis [Panduan Terbaru]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here