Home Bisnis Online Ingin Mempertahankan Pelanggan? 11+ Langkah Ini WAJIB Anda Lakukan

Ingin Mempertahankan Pelanggan? 11+ Langkah Ini WAJIB Anda Lakukan

285
0

Hari ini, bisnis Anda bisa saja mendapat banyak pelanggan. Tapi dapatkah Anda mempertahankan jumlah pelanggan yang sama keesokan harinya?

Barangkali itulah alasan mengapa sekarang Anda tertarik untuk mengetahui cara ampuh mempertahankan loyalitas pelanggan. 

Kabar baiknya, Anda sudah berada di artikel yang tepat! Karena di sini kita akan mengupas tuntas cara untuk menjaga kesetiaan pelanggan hanya dalam lima langkah.

Nah, kelima langkah itu apa saja sih? Sabar, sebelum masuk ke inti topiknya lebih dalam, tentu Anda harus tahu dulu manfaat yang akan Anda dapat dengan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Yuk kita cari tahu!

Inilah Kenapa Anda Harus Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Daripada capek-capek mempertahankan pelanggan, kenapa tidak mencari konsumen baru yang banyak saja?

Eits, walaupun mencari konsumen baru itu penting, tapi Anda tidak akan bisa mengandalkan strategi tersebut dalam jangka panjang.

Mengapa demikian? Karena riset membuktikan bahwa biaya menggaet konsumen baru lima kali lebih mahal daripada biaya untuk mempertahankan konsumen. 

Wajar saja, sebab ada banyak biaya yang perlu Anda keluarkan saat menarik konsumen baru. Contohnya seperti biaya iklan, biaya promosi, dan sejenisnya.

Jika Anda terus-terusan menargetkan konsumen baru, tentu anggaran pemasaran bisnis Anda bisa tekor.

ilustrasi anggaran tekor

Selain memangkas biaya pemasaran, mempertahankan loyalitas pelanggan juga dapat memberi keuntungan yang lebih besar. Kok bisa?

Statistik menunjukkan bahwa 80% keuntungan bisnis Anda di masa depan bisa berasal dari 20% konsumen Anda yang loyal.

Tapi, bagaimana caranya untuk tahu bahwa konsumen Anda sudah loyal atau belum? Nah, selanjutnya kita akan melihat cara mengukur loyalitas konsumen!

Bagaimana Cara Mengukur Loyalitas Pelanggan?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kadar loyalitas pelanggan. Berikut di antaranya:

1. Mengukur Metrik Kepuasan

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan mengukur metrik kepuasan pelanggan. Anda juga pasti sudah melihat banyak bisnis yang mempraktikkan cara ini.

Anda tinggal menyebar survei yang menanyakan tingkat kepuasan konsumen atas produk atau layanan Anda. Biasanya, skala yang ditampilkan adalah sebagai berikut:

  1. Tidak puas
  2. Sangat tidak puas
  3. Netral
  4. Puas 
  5. Sangat puas

Bentuk pengukuran lain yang umum digunakan adalah skala 1-10. Contohnya seperti yang digunakan Niagahoster dalam survei kepuasan konsumennya:

survei kepuasan konsumen niagahoster

Dengan cara ini, Anda bisa melihat tingkat kepuasan konsumen secara umum.  Namun, Anda belum tahu alasan mengapa mereka memilih angka tersebut.

Untuk mengetahui penilaian pelanggan secara lebih detail, Anda bisa mengajukan pertanyaan yang lebih mendalam. Contohnya dengan pilihan ganda atau isian singkat.

Dengan mengkombinasikan metrik kepuasan dengan pertanyaan yang lebih mendalam, Anda bisa mendapat wawasan yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda ke depannya.  

2. Menghitung Customer Lifetime Value

Customer Lifetime Value (CLV) adalah rumus untuk menghitung nilai seorang konsumen selama mereka berhubungan dengan bisnis Anda. 

Hitungannya bukan seberapa besar uang yang dikeluarkan konsumen dalam satu kali transaksi. Tapi seberapa besar total nilai transaksi yang dihasilkan dari konsumen tersebut.

Semakin sering konsumen tersebut melakukan pembelian, semakin tinggi pula nilai yang mereka miliki.

Contohnya, misalkan ada dua konsumen yang membeli produk Anda:

  • Konsumen A membeli produk Anda dalam satu kali borongan seharga Rp. 1 juta.
  • Konsumen B rutin membeli produk Anda sebesar Rp. 100 ribu tiap tiga bulan sekali, selama 5 tahun.

Sekilas, konsumen A kelihatannya memberi keuntungan yang lebih besar. Tapi jika diukur dari CLV-nya, konsumen B punya nilai yang lebih tinggi, karena total nilai transaksinya mencapai Rp. 2 juta.

Jadi, bagaimana cara agar tiap konsumen punya CLV yang tinggi? Ya, betul sekali. Pastikan mereka melakukan pembelian berulang (repeat purchase).

Tapi kan customer Anda banyak, bagaimana cara mengukur lifetime value-nya satu per satu? 

Tenang, Anda bisa menemukan informasi tentang CLV di dashboard Google Analytics.

lifetime value google analytics

3. Melihat Repeat Purchase Rate

Repeat Purchase Rate (RPR) berfungsi untuk mengukur seberapa banyak konsumen yang melakukan pembelian ulang.

Semakin tinggi angkanya, berarti semakin banyak konsumen yang membeli produk Anda lebih dari satu kali.

Dengan kata lain, tingginya RPR dapat menjadi indikasi bahwa banyak konsumen yang loyal pada bisnis Anda.

Lalu, bagaimana cara menghitung RPR? Tenang, rumusnya sederhana kok:

RPR = Jumlah orang yang melakukan pembelian lebih dari sekali (dalam setahun)Jumlah pembeli dalam setahun

Sama seperti CLV, Anda juga bisa melihat RPR bisnis Anda melalui Google Analytics. Caranya dengan mengklik Audiences > Behavior > New vs Returning. Lalu, lihat persentase keuntungan yang didapat dari Returning Visitor.

returning visitor google analytics

4. Mengukur Churn Rate

Jika metrik-metrik sebelumnya fokus pada mengukur tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen, metrik yang satu ini justru sebaliknya.

Churn rate adalah metrik yang mengukur persentase pembeli yang berhenti membeli produk Anda. Biasanya, metrik ini digunakan pada bisnis yang menawarkan opsi berlangganan.

Contohnya, misalkan Anda menawarkan layanan dengan sistem langganan per bulan. Tiap kali ada pembeli yang berhenti berlangganan, churn rate-nya akan meningkat. 

Jadi, pastikan bisnis Anda punya churn rate yang rendah. 

Untuk mengukur churn rate, Anda bisa mengambil data konsumen dari Google Analytics, lalu memasukkannya ke dalam website kalkulator churn rate.

11+ Langkah Ampuh untuk Mempertahankan Pelanggan

Berdasarkan keempat metrik di atas, Anda sudah tahu apakah bisnis Anda punya banyak pelanggan yang loyal atau tidak. 

Jika metrik kepuasan, CLV, dan RPR-nya menunjukkan angka yang tinggi, selamat! Artinya sebagian besar pelanggan Anda sudah loyal.

Tapi, bagaimana jika sebaliknya? Tak usah berkecil hati. Anda bisa mempraktikkan lima langkah berikut untuk meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan:

1. Pastikan Produk Anda Lebih Unggul dari Kompetitor

Membuat produk Anda lebih unggul dari kompetitor mungkin kedengarannya lebih mudah diucapkan daripada dilaksanakan.

Tapi, memang hal ini yang harus Anda perhatikan di awal. Karena sebagus apapun pelayanan yang Anda tawarkan, pembeli tidak akan membeli lagi jika produknya biasa-biasa saja.

Lalu, bagaimana cara agar produk Anda bisa lebih unggul dibanding kompetitor?

Menurut Michael Porter, Bapak Strategi Bisnis Modern, ada tiga strategi yang bisa digunakan memenangkan persaingan bisnis, yaitu:

1. Cost Leadership Strategy

Dengan strategi ini, Anda memenangkan hati konsumen dengan cara menawarkan harga yang lebih rendah dibanding harga kompetitor. 

2. Differentiation Strategy

Ini adalah strategi di mana bisnis Anda menawarkan keunggulan produk. Baik dari sisi kualitas, performa, desain, atau inovasi fitur. 

3. Focus Strategy

Daripada menargetkan pasar secara luas, bisnis Anda hanya fokus pada pasar tertentu. Khususnya pasar yang kebutuhannya masih belum terpenuhi. 

Oke, Anda bisa saja memilih salah satu dari strategi di atas. Tapi apakah produk yang unggul sudah terbukti bisa mempertahankan loyalitas pelanggan?

Tentu saja. Ini salah satu buktinya:

testimoni konsumen setia niagahoster

Berkat kualitas hosting dan pelayanan yang dimiliki Niagahoster, banyak pelanggan yang tetap bertahan hingga bertahun-tahun. Bisnis Anda pun bisa meraih hal yang sama jika menawarkan produk atau layanan yang berkualitas.

2. Sediakan Saluran Komunikasi yang Lengkap

Agar pelanggan bisa lebih lengket lagi dengan bisnis Anda, pastikan bisnis Anda muncul di berbagai platform, seperti: 

  • Website
  • Email 
  • Akun media sosial
  • Live chat 
  • Telpon

Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin terhubung dengan para pelanggan. Anda juga bisa dengan mudah menyampaikan berbagai informasi penting, seperti update produk atau info promo.

Mari kita ambil contoh. Niagahoster tidak hanya mengandalkan website sebagai saluran utama pemasaran. Tapi mereka juga memanfaatkan platform lain. Mulai dari akun Instagram dan Facebook, hingga kanal YouTube.

banner youtube niagahoster

Apa itu saja sudah cukup? Belum dong. Niagahoster juga menggunakan email sebagai sarana untuk menyampaikan info-info terbaru seperti penawaran promosi, update fitur, dan info maintenance. 

mempertahankan pelanggan dengan email marketing niagahoster

Bagaimana jika pelanggan ingin menghubungi Niagahoster secara langsung? Tenang, Niagahoster juga menyediakan layanan telepon dan live chat 24/7 yang bisa diakses via website.

mempertahankan pelanggan dengan phone line dan live chat niagahoster

Dengan cara ini, pelanggan Niagahoster bisa berinteraksi dengan Niagahoster di mana saja. Kalaupun ada keluhan, mereka bisa dengan mudah menghubungi Niagahoster secara langsung untuk mendapat solusinya.

3. Berikan Kesan Terbaik untuk Pelanggan

Bisnis yang diingat adalah bisnis yang berkesan. Oleh karena itu, berikan kesan terbaik untuk pelanggan Anda.

Caranya bagaimana? Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Tampilkan visual yang menarik, baik itu di website, media sosial, atau email.
  • Pastikan website Anda kecepatan loadingnya tinggi, sehingga mudah dikunjungi.
  • Pastikan website Anda responsif. Jadi, tampilannya tetap bagus walau dibuka di perangkat mobile.
  • Navigasi website harus dibuat semudah mungkin. Sehingga mereka tidak akan kebingungan saat mencari apa yang mereka inginkan.
  • Berikan pelayanan yang prima. Hal ini sangat penting, karena jika pelanggan merasa nyaman, mereka tak akan ragu untuk kembali. 

Contohnya, tim CS Niagahoster memberikan pelayanan yang tidak hanya membantu, tapi juga cepat dan ramah. Sehingga pelanggan bisa mendapat pengalaman yang berkesan.

Hasilnya? Bisa dilihat pada testimoni salah satu mitra afiliasi Niagahoster berikut ini:

testimoni mitra afiliasi niagahoster

Baca juga: Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

4. Buat Loyalty Program

Loyalty program adalah program khusus yang dibuat untuk memicu loyalitas pembeli. Cara ini memang cukup populer, Anda pun pasti pernah merasakan praktiknya secara langsung.

Contohnya, ketika Anda berkunjung ke minimarket, pasti Anda pernah ditawari untuk mendaftar program membership-nya, kan? Biasanya, imbalan yang ditawarkan berupa bonus poin atau potongan harga setiap kali berbelanja.

Ini adalah cara yang ampuh untuk memicu pelanggan agar melakukan pembelian berulang. Karena mereka dapat tergoda dengan bonus yang ditawarkan tiap berbelanja.

Anda juga dapat melihat praktik ini juga di Niagahoster. Di Niagahoster, kami menawarkan program loyalti bertajuk Niagahoster Poin

Jadi, setiap kali pelanggan Niagahoster melakukan transaksi senilai Rp. 1000, mereka akan mendapat 1 poin. Nantinya, poin ini dapat ditukar dengan kupon hosting atau merchandise menarik.

mempertahankan pelanggan dengan niagahoster poin merchandise

Nah, Anda juga dapat menggunakan cara yang sama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Tawarkan loyalty program dengan reward yang menarik untuk memicu pembelian berulang.

Selain reward yang menarik, cara lain untuk membuat orang-orang tertarik untuk bergabung adalah dengan memberi kemudahan pada para membernya.

Contohnya, pelanggan tidak akan dikenakan biaya sama sekali saat mendaftar. Atau proses pencairan poinnya dibuat semudah mungkin tanpa adanya persyaratan yang bertele-tele.

5. Tawarkan Opsi Berlangganan

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menawarkan opsi berlangganan.

Jadi, pelanggan tidak hanya membayar dalam satu kali transaksi. Tapi mereka akan rutin melakukan transaksi setiap bulan/tahun.

Namun, kenapa pelanggan harus memilih opsi berlangganan? Memangnya apa sih benefit yang akan mereka dapat dengan berlangganan ke suatu bisnis?

Terkadang, ada pelanggan yang ingin menggunakan produk atau layanan secara rutin. Di sini opsi berlangganan dapat menjadi solusi. Karena mereka tinggal melakukan pembayaran per bulan atau per tahun untuk bisa menikmati produk atau layanannya.

Selain itu, biasanya opsi berlangganan juga menawarkan biaya yang lebih “ekonomis” dibanding transaksi biasa. 

Lalu apakah opsi berlangganan menguntungkan pebisnis? Tentu saja. Karena, ini adalah cara ampuh untuk membuat para pelanggan melakukan pembelian berulang. 

Sebagai contoh, mari kita lihat Paket Hemat Grab, yaitu fitur berlangganan yang ditawarkan platform layanan transportasi, Grab:

mempertahankan pelanggan dengan paket hemat grab

Seperti yang Anda lihat, setiap paket menawarkan voucher diskon. Jadi, hanya dengan berlangganan Rp. 9 ribu per bulan, para pelanggan bisa berhemat hingga Rp.66 ribu.

Penawaran ini tentu sangat menggiurkan bagi para pelanggan yang sedang mencari opsi ekonomis.

Nah, saat menawarkan opsi berlangganan, pastikan Anda juga memberi beberapa tingkatan. Karena kebutuhan tiap pembeli berbeda-beda.

Contohnya, Niagahoster menawarkan empat tingkatan paket untuk produk unlimited hosting. Setiap paketnya mewakili kebutuhan yang berjenjang, mulai dari pemula hingga profesional.

mempertahankan pelanggan dengan tingkatan paket hosting niagahoster

Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau pelanggan dengan kebutuhan yang lebih luas. 

6. Mengakrabkan Bisnis Anda dengan Pelanggan 

Tak kenal maka tak sayang. Istilah ini berlaku juga di bisnis. Jika Anda tak mendekatkan diri dengan pelanggan, hubungan Anda dengan mereka hanya sebatas hubungan jual-beli. 

Akan tetapi, lain cerita jika bisnis Anda berhasil membangun hubungan personal dengan mereka.

Eits, jangan salah, yang dimaksud dengan personal di sini bukan berarti mengajak mereka berkenalan satu per satu lho ya. Apalagi membangun hubungan “personal” dengan mereka.

Tapi. Anda memposisikan diri sebagai “pemberi solusi” atau bahkan “teman” mereka.  

Barangkali Anda bertanya-tanya. Mengapa bisnis Anda perlu melakukan hal ini?

Jawabannya: Jika pelanggan berhasil “akrab” dengan bisnis Anda, mereka pasti cenderung lebih memilih bisnis Anda dibanding kompetitor.

Lalu, bagaimana cara mengakrabkan diri dengan pelanggan? Cara termudah adalah dengan menyebut nama pelanggan. Contohnya seperti yang dilakukan Niagahoster pada email berikut:

mempertahankan pelanggan dengan email build success online niagahoster

Jika Anda perhatikan, email ini orientasinya bukan hanya untuk membangun hubungan dengan konsumen. Tapi juga membantu konsumen untuk bisa sukses online.

Sehingga pelanggan tidak sekadar menikmati produknya saja, tapi juga dibantu untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Selain itu, cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengakrabkan diri dengan para pelanggan adalah dengan mengajak mereka berinteraksi. Contohnya dengan menarik komentar mereka di media sosial:

contoh menarik engagement di akun instagram niagahoster

Atau mengajak mereka bergabung ke webinar gratis yang sesuai dengan minat mereka:

contoh mengundang webinar di akun instagram niagahoster

Apapun cara yang Anda gunakan untuk mengakrabkan diri dengan pelanggan, ingatlah bahwa tujuan utamanya adalah memuaskan keinginan mereka dan membuat mereka semakin nyaman dengan bisnis Anda.

7. Memberikan Bonus Pada Pelanggan

Cara praktis untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menawarkan bonus. Sebab, siapa yang tidak tergoda dengan kata “gratis”?

Jika Anda rutin menawarkan bonus yang sesuai dengan minat pelanggan, pasti mereka akan tertarik untuk mengunjungi bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Jenis bonus apa saja sih yang bisa Anda tawarkan? Berikut contohnya:

  • Gratis ongkir
  • Potongan harga
  • Promo (Seperti beli 1 gratis 1)
  • Produk gratis (Setelah melakukan beberapa pembelian)

Intinya apapun bonus yang Anda tawarkan, pastikan sesuai dengan apa yang konsumen inginkan.

Contohnya, pelanggan Niagahoster adalah orang-orang yang tertarik untuk membangun website atau memperpanjang hosting website mereka.

Oleh karena itu, Niagahoster menawarkan bonus berupa diskon hosting dan kupon tambahan diskon. Sehingga para pelanggan jadi lebih tertarik untuk membeli hosting atau memperpanjang hosting mereka.

bonus diskon hosting niagahoster

8. Bagikan Nilai Bisnis Anda

Ketika kita memilih teman atau pasangan, biasanya kita cenderung memilih orang-orang yang satu prinsip dengan kita.

Begitu pula dengan memilih bisnis. Terkadang prinsip dan value yang ditawarkan bisnis dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli produknya.

Contohnya, nilai yang dipegang oleh Niagahoster adalah mendukung semua orang, tanpa terkecuali, untuk bisa sukses online. Nilai ini sendiri tercermin di halaman utama websitenya:

halaman utama niagahoster upgrade sekarang

Bagi orang-orang yang bercita-cita untuk sukses di dunia digital, nilai ini tentu sangat relatable. Dan bukan tidak mungkin, mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia Niagahoster.

Oh ya, pastikan nilai bisnis Anda bukan hanya sekadar pernyataan. Tapi juga bisa dibuktikan dari kualitas produk atau layanan yang Anda berikan.

Baca juga: Jadilah Pemenang di 2021, #UpgradeSekarang dan Raih Mimpi yang Anda Tuju!

9. Membangun Komunitas Pelanggan

Komunitas adalah kelompok yang berisi orang-orang dengan minat yang sama. Dengan membangun komunitas, Anda bisa mengajak para pelanggan baru untuk bergabung ke grup yang berisi pelanggan yang sudah loyal.

Hal ini bisa mendorong mereka untuk ikut loyal juga dengan produk Anda. Strategi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis, salah satu yang paling umum adalah bisnis otomotif.

Contohnya, jika Anda berkunjung ke website Suzuki, Anda akan menemukan satu halaman yang berisi club-club khusus pengguna mobil Suzuki.

mempertahankan pelanggan dengan suzuki car club

Dengan bergabung ke komunitas, para pelanggan bisa saling berbagi ilmu tentang perawatan mobil, meminta bantuan, dan tentunya, mendapat teman baru.

Contoh lainnya bisa dilihat di Niagahoster Forum. Pelanggan yang bergabung dapat bertanya atau ngobrol dengan sesama pelanggan Niagahoster tentang hal-hal terkait hosting, domain, website, atau bisnis online.

obrolan di niagahoster forum

Walaupun aktivitas utama di dalam komunitas adalah interaksi antar member, tapi pastikan bisnis Anda ikut terlibat di dalamnya. Contohnya dengan ikut memberikan jawaban di forum, atau dengan mengadakan acara gathering

Dengan begitu, para pelanggan akan merasa semakin “terhubung” dengan bisnis Anda.

10. Manfaatkan Social Proof

Tahukah Anda? Berdasarkan survei Google, 59% pembeli melakukan riset online terlebih dulu untuk memastikan bahwa produk yang diincar memang layak untuk dibeli.

Inilah alasan mengapa banyak bisnis yang menampilkan testimoni positif di berbagai saluran pemasaran mereka. Tujuannya agar calon pembeli percaya dengan produk mereka.

Contohnya seperti yang dilakukan Niagahoster. Untuk meyakinkan calon pembeli bahwa kualitas hostingnya terjamin, ada beberapa testimoni pelanggan yang ditampilkan di halaman utama website Niagahoster.

kata pelanggan tentang niagahoster

Oh ya, untuk meningkatkan kredibilitas testimoni, Anda juga bisa menggunakan jasa tokoh-tokoh terkenal. Contohnya seperti public figure, pakar, dan semacamnya.

Jika produk Anda didukung oleh figur-figur yang populer dan kredibel, tentu produk Anda akan lebih mudah untuk dipercaya calon pembeli.

11. Mintalah Feedback Dari Pelanggan

Penasaran dengan apa yang diinginkan pelanggan? Anda tinggal tanya saja langsung ke mereka! Dengan meminta feedback, bisnis Anda juga akan dianggap peduli terhadap konsumen.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menyebar kuesioner, membuka sesi Q&A di media sosial, hingga melakukan survei via email.

Sebagai contoh, Niagahoster kerap menyebarkan survei kepuasan pelanggan via email. Baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama:

email feedback niagahoster

Berbagai masukan dari para konsumen kemudian dapat dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Sehingga, Niagahoster dapat menyediakan apa yang mereka butuhkan. Dan mereka pun menjadi semakin loyal dengan produk Niagahoster.

Bingung Mulai Dari Mana? Awali Dengan Menyediakan Website yang Nyaman untuk Pelanggan! 

Sekarang Anda sudah paham kan bagaimana cara mempertahankan pelanggan? Intinya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan produk Anda lebih unggul dari kompetitor.
  2. Sediakan saluran komunikasi yang lengkap.
  3. Buat loyalty program.
  4. Tawarkan opsi berlangganan.
  5. Menawarkan bonus.
  6. Membangun komunitas
  7. Mencantumkan social proof.

Selain itu, jangan lupa untuk membuat pelanggan semakin nyaman dengan bisnis Anda. Contohnya dengan memberikan kesan terbaik, membagikan nilai-nilai bisnis, menjadi lebih akrab, dan meminta feedback pelanggan.

Selanjutnya.. Apa langkah awal yang perlu Anda lakukan?

Pertanyaan bagus. Jadi, Anda dapat mulai dengan menyediakan website yang nyaman untuk pelanggan Anda. 

Kok gitu? Karena, sebagian besar langkah di atas perlu Anda lakukan melalui website. Contohnya, Anda dapat mengajak para pelanggan untuk bergabung ke loyalty program atau berlangganan email via website.

subscribe newsletter niagahoster

Oleh karena itu, website yang berkualitas dapat membantu Anda untuk mempertahankan pelanggan. Semakin nyaman websitenya, semakin besar pula kemungkinan pelanggan untuk betah bersama bisnis Anda.

Nah, untuk membuat website yang nyaman, pastikan Anda menggunakan layanan hosting yang berkualitas. 

Sebab, layanan hosting yang tepat akan membuat website Anda stabil selama 24 jam, cepat diakses, dan aman dari serangan hacker.

Di mana Anda bisa mendapatkannya? Tak usah jauh-jauh mencari layanan hosting terbaik, karena Anda bisa membuat website bisnis yang berkualitas di Niagahoster!

Dengan berlangganan hosting di Niagahoster, website Anda pasti:

  • Stabil – Berkat dukungan green data center tier-4 berstandar internasional, website Anda bisa online 24 jam penuh. 
  • Cepat – Kecepatan loading website Anda akan ditunjang LiteSpeed web server, yaitu web server tercepat di dunia.
  • Aman – Ada berbagai fitur keamanan terbaru seperti Imunify360 untuk menghalau berbagai serangan hack.

Khawatir ada masalah? Santai saja, karena ada tim CS Niagahoster yang siap membantu Anda kapanpun Anda butuh, 24 jam.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk klik tombol di bawah untuk membuat website bisnis berkualitas di Niagahoster!

Previous articleVirtual Account: Pengertian dan Manfaatnya untuk Toko Online Anda
Next article11+ Peluang Kerja dari Rumah: Mudah, Aman, dan Terbukti Cuan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here