Home Inspirasi Ucapan Pernikahan

Ucapan Pernikahan

156
0

IndoINT.com

Pernikahan adalah acara yang sangat bermakna dan sacral, sehingga membuat orang mengistimewakannya. Ada beberapa rekan, teman, saudara, dan kerabat yang datang untuk menghadiri pernikahan seseorang. Namun tak lengkap datang dengan tangan kosong.

Beberapa orang memilih untuk membawa bingkisan, dan pastinya disertai dengan secarik kertas ucapan bahagia atas pernikahan seseorang. Ucapan tersebut bisa dikemas menjadi beberapa macam seperti dengan kata lucu, kata yang membuat baper, atau kata islami yang disertai doa

Ucapan Pernikahan untuk Sahabat atau Teman

Jika yang sedang menikah itu adalah seorang sahabat, maka seringkali memilih bingkisan sebagai kado pernikahan. Kado itu bisa berupa perabotan sehari-hari atau barang yang sering digunakan dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan baru setelah pernikahan. Dalam bingkisan tersebut bisa disisipkan sebuah kartu ucapan selamat menikah.

  1. “Aku sangat bahagia denganmu saat ini karena telah berhasil menemukan tambatan hati. Bagaimana rasanya sudah menemukan orang yang tepat untuk menemani hidup selanjutnya? Pasti bahagia. Selamat menikah dan melanjutkan ke hidup yang sebenarnya sahabatku.”
  2. “Perjalanan hidup cinta kalian akan dimulai hari ini, dan selamat mengarungi samudra kehidupan berdua dengan penuh cinta dan kasih. Semoga dari pernikahan ini kalian akan menjadi pasangan yang penuh kebahagiaan dan segera dianugerahi sang buah hati yang kelak akan membanggakan kedua orangtuanya.”
  3. “Jika kemarin kalian hanya menjalin hubungan pacaran itu belum apa-apa, namun cinta kalian telah terbalaskan dengan pernikahan ini. Sahabatku, semoga kekuatan cintamu dan pasangan bisa membawa kepada kebaikan, melindungi dari segala keburukan, dan selamat menempuh hidup baru.”
  4. ”Akhirnya, mimpi kalian berdua untuk menjalin hubungan yang lebih serius terjawab sudah. Ambisi kalian untuk saling melengkapi satu sama lain telah terbayar lunas. Kini, saatnya kalian harus saling menjaga, menghormati, dan menghargai untuk satu tujuan kalian, selamat menempuh hidup baru. Dari sahabat tersayangmu, Alice.”
  5. “Pernikahanmu yang indah ini semoga disertai dengan setumpuk cinta, sejuta kasih, canda tawa, sentuhan romantisme, dan sebanyak pemahaman antara kalian berdua. Yakinlah jika pernikahan ini akan bertahan selamanya, selamat menempuh hidup baru, jadikan ini awal yang indah bagi kalian berdua.”
  6. “Jadilah pasangan yang serasi serta buatlah perjalanan cinta yang unik, indah, dan penuh suka cita. Tetaplah bersama meskipun terdapat halangan di luar sana. Semoga lekas diberikan keturunan yang bisa membanggakan kalian berdua, keturunan yang sholeh sholehah, dan keturunan yang berbakti kepada orang Tempuhlah hidup baru dengan sejuta harapan.”
  7. “Jika dulu kamu mencari pasangan yang sempurna, maka sekarang sempurnakanlah dia dengan cinta kasihmu. Temanku, aku bahagia atas pencapaianmu. Semua yang kamu usahakan, akhirnya terbayarkan lunas dengan mencuri hati seseorang yang sangat kamu inginkan. Jadilah keluarga yang bahagia dan bangunlah rumah tangga yang harmonis dan penuh canda tawa.”
  8. “Selamat atas pernikahanmu teman baikku, bagaimana dengan perasaanmu hari ini? Kebahagiaan tidak akan pernah habis jika kamu selalu mensyukurinya. Ikatan janji suci dengan pasanganmu saat ini, akan membawamu kepada kehidupan yang lebih berwarna. Bahagialah bersama dia apapun yang terjadi, oleh karena itu semoga keluargamu menjadi keluarga yang selalu berbahagia.”
  9. “Jodohmu pasti akan bertemu, dan hari ini kamu telah membuktikan bahwa jodoh yang tepat tidak jauh darimu. Selamat menyongsong kehidupan cinta yang sebenarnya. Bangunlah rumah tangga yang kamu inginkan dan mulai dari awal kehidupan yang bahagia sahabatku.”

Mengungkapkan selamat atas pernikahan kepada sahabat atau teman bisa saja menggunakan kata-kata yang menyentuh hatinya. Dari beberapa contoh di atas bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan bahkan menggabungkannya menjadi satu ucapan dari beberapa contoh.

Bahkan beberapa hal bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang lebih ringan sehingga terasa lebih dekat. Menghias kartu ucapan bisa dilakukan agar ucapan yang tertulis terlihat sangat rapi dan mudah untuk disimpan, karena sahabat merasa bahagia dan menganggap ucapan tersebut sesuatu yang berharga.

Bisa menggunakan kata-kata sederhana dan memenuhinya dengan desain-desain modern dan bernuansa vintage. Pada saat seperti ini desain perpaduan antara bunga, daun, dan batang yang membentuk lingkaran sangat banyak digunakan dalam hal desain modern.

Menggunakan aplikasi edit foto dan bisa dengan mudah menggambarkan desain yang diinginkan. Berbicara mengenai desain, bisa juga disesuaikan dengan kesukaan mempelai pria atau wanita yang dikenal.

Kartu ucapan bisa diedit dengan format foto atau video. Bahkan, jika menggunakan format video akan terasa lebih bermakna dan bagus untuk diberikan sebagai hadiah pernikahan dan pasti akan mudah untuk disimpan seperti di dalam memori handphone atau laptop pasangan tersebut sebagai dokumentasi hari bahagia mereka.

Ucapan Pernikahan Islami

Ucapan pernikahan juga bisa ditulis dengan tema Islami yang menggunakan kata-kata halus dan bisa dibilang sangat sopan. Ucapan dengan tema ini cocok untuk diberikan kepada teman yang sedang mendalami agama, sehingga bisa menjadi motivasi terus menjalankan syariat Agama apalagi hidup setelah pernikahan.

Dalam Islam, terdapat objek utama dalam sebuah doa untuk pernikahan yaitu sakinah (ketenteraman jiwa), mawaddah (rasa cinta), dan warahmah (kasih sayang). Terkadang, kata-kata itu juga diselipkan dalam ucapan pernikahan sebagai doa. Ketiga kata tersebut sangat familiar dan sangat sering digunakan.

Kata-kata tersebut terkadang juga disingkat untuk memudahkan pengucapan serta memperdalam makna. Hanya dengan satu kata “samawa” maka hal tersebut berarti mereka mendoakan untuk pasangan dalam hal ketentraman jiwa, rasa cinta, dan juga kasih sayang yang berlimpah.

Tentu saja, mengucapkan ungkapan selamat menikah tidak hanya lewat surat atau secarik kertas. Bagi yang tidak bisa datang ke acara pernikahan bisa menuliskannya pada media sosial. Hal tersebut terkesan lebih praktis dan cepat sampai kepada orang yang dituju. Bisa menggunakan Doa Nabi Muhammad SAW pada saat pernikahan Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib, yaitu:

  1. “Semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka, dan mengumpulkan kalian dalam kebaikan. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah bersama-sama di dunia ini.”

Beberapa tambahan kata-kata juga bisa digunakan untuk menghindari ucapan yang kaku dan agar terkesan lebih bersahabat. Seperti menambahkan sapaan untuk sahabat, saudara, atau menyebut nama orang yang sedang dalam acara pernikahan.

Ucapan selanjutnya bisa menggunakan dari HR. Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Majah, Ahmad, dan yang lainya. Hadis ini merupakan sunnah Nabi Muhammad saat ingin mengucapkan selamat menikah kepada rekan, saudara, atau kerabat.

  1. “Barakallahu lakum wa baraka alaikum”

Artinya: Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan.

Menuliskan artinya saja pada ucapan pernikahan juga bisa menjadi alternatif uang sangat baik dan mudah dimengerti oleh banyak orang sehingga terkesan menarik.

Adapula kata-kata Islami yang berasal dari ucapan Nabi Muhammad saw. saat pernikahan Fatimah, sehingga bisa juga digunakan untuk memanjatkan doa. Bahkan dengan mengucapkan pernikahan bisa juga mendapatkan pahala karena mengikuti sunnah rasul.

  1. “Semoga Allah swt. memberkati kalian berdua, Allah meningkatkan kualitas keturuanmu. Dan semoga dengan pernikahan ini menjadikan sebagai jalan membuka pintu rahmat-Nya, sumber mendapat ilmu, sumber memperoleh hikmah, dan memberikan manfaat kepada orang lain.”

Ucapan di atas sudah dimodifikasi untuk memudahkan dalam menuliskan dalam kartu ucapan atau media sosial karena akan terasa lebih menyentuh jika menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Atau bisa juga mengucapkan kalimat selamat pernikahan dengan menggabungkan beberapa kata-kata Islami yang menyentuh hati.

  1. “Barakallahu lakum wa baraka alaikum sahabatku, mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan yang tiada habisnya. Semoga terjalin keluarga kecil bahagia yang saling menghargai, menghormati, sakinah, mawaddah, dan warahmah. Aamiin.”

Menggunakan kata-kata Islami dalam ucapan pernikahan memang sangat bagus, dan dianjurkan mengingat banyak sesuatu yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad saw. dalam memanjatkan doa. Oleh sebab itu, selain mengesankan maka sekaligus akan mendapatkan sebuah pahala karena mengikuti doa-doa yang telah dicontohkan oleh Nabi.

Dapat juga menghias kartu ucapan dengan beberapa huruf arab, yang sesuai dengan tema yang dibawakan. Bahkan, bisa menggunakan beberapa dekorasi untuk kartu ucapan seperti garis-garis atau beberapa gambar bunga dan daun.

Menggunakan latar belakang putih atau warna cerah pada kartu ucapan Islami, bisa melambangkan sebuah kesucian dari pernikahan mereka dan beberapa tulisan dibuat semenarik mungkin.

Jika dirasa contoh di atas terlalu panjang, maka dapat dipersingkat agar mendukung bentuk keindahan dari kartu ucapan yang akan dikirimkan. Ucapan yang singkat bukan berarti tidak mengandung doa, hanya saja kartu ucapan yang diberikan lebih dinilai pada kesan estetiknya.

Tulisan-tulisan arab bisa dipadukan dengan desain yang sederhana namun tetap elegan. Memilih perpaduan warna dan desain yang tepat akan memberikan kesan manis tersendiri. Dijamin dengan adanya kartu ucapan pernikahan yang didukung dengan desain dan kata-kata epic tersendiri akan membuatnya lebih bermakna dan selalu diingat oleh mempelai.

Ucapan Pernikahan Doa

Ucapan pernikahan tak lengkap jika tidak terdapat doa di dalamnya. Doa bisa menjadi komponen utama pada setiap kartu ucapan khususnya pernikahan. Doa yang dituliskan pasti menuju kepada kebaikan bagi orang yang sedang melangsungkan pernikahan. Akan sangat baik jika ikut mendoakan karena akan memberikan aura yang positif jika ucapan tersebut dibaca.

Ucapan selamat pernikahan tidak hanya bisa diberikan kepada pasangan yang tengah menikah. Akan tetapi, bisa juga diberikan kepada orang tua mempelai, karena telah berhasil dalam menjaga dan mendidiknya hingga anaknya mampu membangun rumah tangganya sendiri.

Ucapan pernikahan dengan doa baik untuk diberikan karena masih memiliki tingkat kesopanan yang tinggi dalam penulisannya. Selain itu, kartu ucapan doa ini bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing penulisnya.

  1. “Selamat atas pernikahanmu sahabatku, doaku untukmu adalah semoga kamu dan tulang rusukmu yang telah dipertemukan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Semoga keluargamu menjadi keluarga yang bahagia dan harmonis dengan menjaga keeratan itu sampai tua nanti.”
  2. “Untuk Pak Ghandy, selamat atas pernikahan anak pertamamu. Anda akan menjadi orang tua yang sukses dalam menjaganya hingga dewasa. Tak ada kata lain selain mendoakan yang terbaik untuknya dan untuk Anda semoga Sang Pencipta segera memberikan cucu kecil yang lucu untuk Anda yang akan menjadi seorang kakek.”
  3. “Saat aku melihat kalian berdua di atas pelaminan, aku hanya berdoa semoga pasangan ini menjadi pasangan yang bahagia seperti hari pertama mereka menikah. Semoga di suatu hari memiliki anak-anak yang lucu, pintar, cerdas, berbakti kepada kedua orang tua, dan memiliki akhlak yang baik. ”
  4. “Hari ini tampak cerah karena alam telah merestui kalian untuk hidup bersama. Untuk pasangan yang spesial, aku berdoa agar kalian akan bahagia hingga maut memisahkan. Jangan lupakan pelajaran agama dan jadilah madrasah pertama bagi anak-anakmu kelak. Semoga menjadi pasangan yang sakinah mawaddah dan warahmah dalam menjalani kehidupan baru ini.”
  5. “Di saat pencarianmu telah sampai pada ujungnya, janganlah lupa untuk bersyukur atas nikmat yang diberikannya. Aku berdoa untukmu semoga apa yang menjadi milikmu saat ini akan menjadi milikmu hingga nanti. Semoga segera dikaruniai buah hati yang menggemaskan dan anak yang baik. Selamat menempuh hidup baru dari pernikahan yang telah kamu lakukan sahabatku.”
  6. “Badai kehidupan akan segera dimulai, siapkanlah dirimu terlebih dahulu. Aku berharap semoga di antara kalian tidak ada salah paham di suatu hari nanti. Tetap menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah dalam menempuh hidup baru, selamat atas pernikahanmu.”

Kartu ucapan pernikahan dengan doa sangat baik untuk diberikan. Hal tersebut bisa dilakukan saat tidak bisa menghadiri atau melalui sosial media. Bahkan, mengirim pesan langsung kepada sang pengantin juga akan membuatnya semakin merasa dihargai dan diperhatikan.

Bisa juga dengan menghias beberapa kartu ucapan dengan desain modern, namun tetap terlihat elegan dan tidak berlebihan. Kartu ucapan yang diberikan bisa berupa kertas atau edit foto/video untuk beberapa teman spesial, saudara, atau rekan kerja.

Doa tersebut dapat didesain sedemikian rupa dan diposting pada akun sosial media, sehingga banyak orang yang akan melihat dan merasa termotivasi, dan akan melakukan hal yang sama. Membuat orang terkesan akan membuat hidup terasa lebih baik, dan pastinya akan menambah kebahagiaan di dalam hidup ini.

Ucapan Pernikahan Bikin Baper

Menurut beberapa orang, melihat orang menikah sudah bisa membuat baper alias bawa perasaan. Bagaimana jika diaplikasikan dalam sebuah ucapan pernikahan yang bertemakan kalimat-kalimat baper? Pasti akan sangat menarik dan menjadikan ucapan pernikahan menjadi unik.

Kartu ucapan yang disertai dengan doa dan keinginan akan membuat orang yang membacanya tersentuh. Bukan hanya kedua mempelai yang bawa perasaan, namun jika ada orang lain yang membacanya pasti dijamin malah semakin terbawa perasaan dan menginginkan hal yang sama.

Kata-kata baper yang saat ini sedang terkenal sangat disukai oleh kebanyakan orang. Apalagi jika menggunakan kata-kata serius dan memiliki arti yang sangat dalam. Dalam hal menulis ucapan pernikahan, hal ini cocok digunakan untuk menyampaikan pesan secara mendalam kepada pasangan tersebut.

  1. “Nada burung-burung itu beralun dengan sangat merdu dan juga bunga-bunga ikut bermekaran menyaksikan kisah cinta kalian berdua. Akhirnya kamu telah menemukan kebahagiaan dengan mendapatkan tulang rusukmu kembali.
    Dipertemukan dengan seseorang yang tepat dan dengan cara yang tepat akhir dari pencapaianmu, selamat menempuh kisah cinta yang sebenarnya sahabat. Semoga di pernikahanmu ini nantinya akan dikaruniai anak-anak yang memiliki budi pekerti baik dan berbakti kepada orangtua. Selamat datang di kehidupan yang sebenarnya.”
  1. “Kekuatan cinta merupakan perisai dalam hubungan keluarga, maka cintailah keluargamu dengan sepenuh hati dan jangan engkau biarkan salah satu diantara mereka terluka. Dalam menempuh hidup baru, ku ucapkan selamat menikah saudaraku.”
  2. “Hari demi hari kamu lewati, saat ini berbeda karena ada yang menemanimu. Jika dulu kita sering bercanda berdua saat ini pasti sudah akan berkurang. Tapi tak mengapa sahabatku, aku selalu bahagia untukmu agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Happy Wedding, make your new world with your partner.”
  3. “Mencintai seseorang yang mencintai kita akan lebih mudah membangun sebuah rumah tangga. Berikan cinta utuhmu untuk suamimu Syel, berbaktilah ke Semoga kalian berdua selalu dilindungi oleh-Nya agar selalu bersama. Selamat menempuh hidup baru dan Happy Wedding My Best Friend.”
  4. “Saat ini kamu sudah memiliki seseorang di sisimu, dalam mencapai tujuan pastikan kamu selalu bersamanya. Aku doakan untuk kebaikan kalian berdua semoga bahagia dunia akhirat. Tujuan yang ingin kalian capai semoga dimudahkan jalannya. Selamat menempuh kehidupan yang sebenarnya dan selamat atas pernikahanmu dengan Tony semoga bahagia selalu.”

Baper yang dimaksud adalah membawa perasaan dengan emosi positif karena terharu dan tersentuh. Memberikan ucapan pernikahan dengan tema baper ini bisa dikirimkan ke sahabat terdekat atau ke orang yang kurang dekat, karena bisa saja harus berbuat atau mengucapkan sesuatu dengan sopan.

Bahkan, untuk orang tua mempelai juga bisa diberikan kata-kata ucapan atas pernikahan anaknya, dengan menggunakan kata-kata baper. Hal tersebut pastinya akan membuat orang tua dari mempelai sangat bahagia dan merasa diperhatikan.

Kata-kata yang digunakan dalam ucapan pernikahan baper bisa menggunakan kalimat yang halus bahkan baku dan sopan masih bisa digunakan. Jika tidak ingin membuat kata-kata yang panjang, maka bisa mempersingkatnya dengan ucapan Happy Wedding atau sesuatu ucapan yang lebih sederhana.

Dukunglah ucapan tersebut dengan beberapa desain kartu yang menarik, atau jika mengirimnya lewat status di sosial media bisa menggunakan aplikasi edit foto yang bagus, sehingga menarik perhatian para orang di sosial media tersebut.

Hal tersebut bisa mendorong seseorang untuk melakukan hal yang sama, atau dengan kata lain telah memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu yang menarik dan membuat orang lain bahagia. Sangat mengasyikkan membuat orang lain bahagia karena melakukan sesuatu yang menarik.

Rekomendasi desain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan warna-warna pastel yang menarik dan terlihat bersih. Warna pastel terlihat pudar namun sangat cerah dan ceria. Sedangkan, warna yang terlalu gelap dan kuat kurang cocok untuk digunakan karena akan membuatnya terlihat lebih kaku dan kurang bersahabat.

Beberapa hiasan yang bisa digabungkan dengan warna dan kata-kata tersebut adalah hiasan sederhana, seperti garis lurus atau gelombang. Gambar pernikahan yang unik dan tidak terlalu berlebihan. Contohnya adalah adanya kue dengan tulisan happy wedding dan yang lainnya.

Ucapan Selamat Menikah Lucu

Bersama rekan, saudara, atau teman yang sering bergurau pastinya ingin memberikan sesuatu yang seperti biasa. Lantaran akan terlihat aneh jika biasanya melakukan hal-hal konyol bersama, namun tiba-tiba menjadi puitis pada ucapan pernikahannya.

Alternatif membuat ucapan dengan tema lucu akan sangat membantu dalam menyesuaikan dengan keadaan. Bahkan, hal tersebut bisa saja membuat orang yang membacanya tertawa dan tersenyum saat membacanya sehingga tercipta sebuah kebahagiaan dalam sebuah ucapan pernikahan.

  1. “Wah, temanku yang jomblo akhirnya menemukan pasangan hidupnya yang selalu disemogakan. Semoga menjadi keluarga yang diberkahi dengan rizki yang melimpah, halal, dan berkah. Diberikan sang buah hati yang sholeh/sholehah, berbakti kepada kedua orang tua, dan pintar. Doa kan juga temanmu ini cepat menyusul ke pelaminan. Happy Wedding teman sejawatku.”
  2. “Kalian memang pasangan yang sangat serasi. Lihatlah foto kalian di kuade, serasi bukan? Itu karena kalian menggunakan baju dengan warna sama. Hehe. Selalu bersama ya jika nanti ada yang mengatakan sesuatu hal menyakitkan hati biarkan saja kan kalian makan gak minta sama dia. Sekarang kalian akan hidup bersama, selamat menghadapi kehidupan sebenarnya teman.”
  3. “Hati sudah diborgol, jangan sampai lepas, buang saja kuncinya. Cincin itu sudah mengikat kalian, hiduplah berdua dengan bahagia. Jangan biarkan apapun merusak segalanya yang telah susah payah dibangun hingga saat ini mendapatkan sebuah kemenangan. Aku bahagia atas semuanya, selamat memulai hidup baru dengan orang yang sangat spesial di hidupmu.”
  4. “Alhamdulillah, akhirnya temen Gue nikah juga karena sudah dapat restu. Jangan galau galau lagi lah. Tidak apa meski tak sesuai rencana kan memang indah pada waktunya. Selamat nih ye udah nikah, bukan jomblo lagi nihhh.”
  5. “Kata orang kalau udah nikah berat badan nambah kan senangnya nambah. Awas aja sampe lu kurus, ntar Gue cekokin susu sapi biar gemuk. Nih, Gue berdoa buat lu. Samawa ye. Jangan lupa nih, ntar kalau ponakan Gue udah lahir kabar-kabar loh. Lucu kali ya ntar anak Lu sama bini Lu. Semoga anaknya lebih baik dari Lu dah gitu aja.”
  6. “Jalan-jalan ke Kota Jakarta. Tidak Lupa Mampir ke Monas. Eh, sahabat Gua Nikah. Jadilah keluarga sakinah mawaddah warahmah. Bagus kan pantun Gue, Bro? Gimana nih Bro rasanya udah nikah dan gak tidur sendirian lagi? Enak ya lu sekarang kemana-mana ditemenin bini lu. Doain gue cepet nyusul kayak lu biar bahagia juga hehe. Ntar kalau nikah nih, Gua kasih undangan yang paling bagus deh, doain Gua dulu tapi. Hehe.”
  7. “Jika sudah menempuh hidup baru dalam pernikahan, maka sekarang kalian seperti honda, One Heart. Semoga kalian menjadi pasangan yang selalu tertawa dan penuh canda tawa, kurangi berantemnya. Pengen aku kasih nasihat gak? Ntar kalau udah jalan sebulan setahun sewindu jangan beli-beli kredit deh kayak beli motor. Canda aja beb, semoga bahagia sahabatku.”

Ucapan pernikahan yang lucu memang membangkitkan mood orang yang sedang membacanya, apalagi orang tersebut dalam waktu yang bahagia. Selain menambah kebahagiaan seseorang pasti akan mendapat pahala juga karena membuat orang lain senang.

Desain yang cocok untuk tema ucapan ini adalah dengan desain warna cerah dan beberapa hiasan yang lucu namun tetap sopan seperti boneka, gambar kartun, atau semacamnya. Kata-kata lucu ini memang terlihat sangat bersahabat, apalagi jika memostingnya di sosial media, pasti akan menarik banyak perhatian dan memberikan motivasi positif terhadap orang tersebut.

Rangkailah kata demi kata dengan hati-hati dan pastikan tidak melukai hati yang membaca. Lantaran jika tidak, pembaca tidak akan mengerti maksud diri untuk menghibur. Oleh sebab itu, selain menggunakan kata-kata yang tepat, memilih orang yang tepat harus diperhatikan juga.

Menggunakan beberapa alternatif cara menyampaikan ucapan selamat atas pernikahan bisa disesuaikan dengan hubungan antara pengirim dan penerima surat. Bahkan, ada beberapa yang dirasa kurang tepat jika diberikan sesuka hati, sehingga segala pertimbangan harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum bertindak mengirimkan ucapan pernikahan.

Previous articleUcapan Selamat Natal dan Tahun Baru
Next articleQuotes Tentang Senja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here