Home Inspirasi Hewan dan Tanaman Hobi

Hewan dan Tanaman Hobi

293
0

IndoINT.com

Bagi yang memiliki waktu luang, dapat mencari kesibukan dengan memelihara hewan dan merawat tanaman. Kedua makhluk hidup ini dapat memberikan kesenangan tersendiri, baik dari segi afeksi maupun estetika. Bingung mencari rekomendasi hewan dan tanaman yang bisa dirawat sebagai hobi di rumah? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Hewan

Tujuh rekomendasi di bawah ini, memang merupakan jenis hewan yang sebagian besar dipelihara di rumah oleh masyarakat. Mulai dari tingkahnya yang lucu dan perawatannya yang menantang, menjadi salah satu hobi tersendiri bagi pemiliknya. Lalu, apa saja sih tujuh hewan yang cocok dirawat di rumah ini?

1. Kucing Persia

gambar kucing persia
hewanesia.com

Semua orang tentu sepakat bahwa kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan. Tingkahnya yang lucu, membuat kucing menjadi penghibur sekaligus teman setia bagi manusia. Perilaku yang menggemaskan dari si kucing, serta kesukaannya dalam bermain, membuat kesenangan tersendiri bagi manusia yang merawatnya.

Jenis kucing yang banyak dipelihara di kalangan masyarakat adalah jenis Persia. Kucing jenis ini memiliki bentuk dan wajah yang menggemaskan. Kucing Persia memiliki postur tubuh yang lebih pendek, bulat, dan gendut. Mendengar postur tubuhnya saja sudah menggemaskan, bukan?

Perawatan sehari-hari untuk kucing persia juga sangat mudah, yang paling mudah, yaitu menyiapkan makanan dan minuman secukupnya setiap hari. Makanan yang diberikan kepada kucing juga harus memiliki jenis yang sama. Ketika ingin mengganti dengan merek lain, pastikan untuk mencampurnya sedikit demi sedikit, agar lambung kucing dapat beradaptasi dengan makanan baru.

2. Kucing Anggora

gambar kucing anggora
infobinatang.com

Kucing memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga sangat cocok untuk seorang pemula yang ingin memelihara hewan peliharaan. Sebaiknya, perawatan utama untuk kucing yang masih berusia 3 bulan adalah dengan memberikan suntik vaksin. Hal ini akan membantu daya tahan tubuh kucing lebih kuat, dan dapat terhindar dari berbagai virus.

Selain Persia, jenis kucing yang biasa dipelihara dirumah adalah kucing anggora. Bagi penyukai jenis kucing dengan wajah segitiga dan memiliki hidung yang mancung dapat memelihara kucing jenis ini. Kucing anggora juga memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan panjang sehingga terkesan memiliki badan yang besar.

Pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala pada kucing anggora, seperti memandikan dan memotong kuku maksimal satu kali dalam satu bulan. Hal ini dapat menghindari kucing dari penyakit, seperti jamur dan kutu yang dapat menyerang bulu dan kulit kucing, sehingga dapat mengelupas dan menimbulkan luka.

3. Burung Pipit

gambar burung pipit
islamkafah.com

Burung pipit atau yang biasa disebut sebagai burung emprit merupakan salah satu hewan yang dapat dipelihara dirumah. Selain perawatannya yang mudah dan harga terjangkau, burung pipit dapat menjadi teman untuk sekedar meluangkan hobi dirumah. Biasanya orang yang senang memelihara hewan jenis burung pipit adalah laki-laki.

Orang yang senang memelihara burung pasti tertarik dengan warna, motif, kicauan, dan jenis burung itu sendiri. Burung pipit dapat menjadi salah satu pilihan karena memiliki bunyi yang merdu. Sehingga dapat membantu memberikan suasana yang nyaman dan tenang ketika berada di dalam rumah.

Jenis burung ini terkenal dengan kemampuan adaptasi dan daya tahan tubuhnya yang kuat. Oleh karena itu cara merawat burung pipit juga terbilang mudah. Pakan yang baik untuk burung pipit adalah buah, biji-bijian, dan ulat hongkong untuk menjaga nutrisi agar tetap sehat dan dapat berkembang biak.

4. Ikan Koi

gambar ikan koi
winnetnews.com

Pecinta hewan yang menyukai keindahan pasti senang memelihara ikan koi. Selain dapat menghias rumah agar terlihat lebih hidup, memelihara ikan koi juga dapat dijadikan sebagai salah satu hobi yang cocok dilakukan dirumah.

Ketika memelihara ikan koi dirumah, pastikan untuk memiliki tempat tinggal yang luas agar ikan koi dapat bergerak dengan leluasa. Pastikan untuk tidak memiliki jumlah ikan yang banyak agar tidak membatasi ruang gerak ikan. Selain itu pastikan suhu dan kebersihan air terjaga dengan baik karena ikan koi sebagai salah satu ikan hias dapat beraktivitas dengan leluasa di dalam air.

Aturan memberi makan untuk ikan koi sendiri tidak boleh terlalu banyak karena akan menyebabkan penyakit. Waktu yang tepat untuk memberi makan ikan koi adalah pada saat pagi dan sore hari. Makanan ikan koi ini juga dapat diatur dengan memberikan menu diet pada ikan koi dengan makanan seperti cacing rambut, semangka, cacing tanah, kubis, sawi, dan lain sebagainya.

5. Ikan Mas

gambar ikan mas
mancing.top

Ikan mas juga dapat dipilih sebagai salah satu jenis ikan yang dipelihara dirumah karena memiliki nilai estetika untuk menghias rumah. Selain itu, ikan mas juga berpotensi dari segi perkembangan bisnis karena nilai jualnya sangat tinggi. Sedangkan biaya perawatannya juga sebanding dengan harga yang dikeluarkan ketika membudidayakan ikan mas.

Pastikan untuk menggunakan kolam yang bersih disertai kerikil yang besar di dalamnya. Hal ini untuk mencegah kerikil masuk ke dalam rongga mulut ikan mas yang akan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan kerikil yang besar agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada ikan mas yang dipelihara.

6. Ikan Patin

gambar ikan patin
arenahewan.com

Ikan lokal khas Indonesia ini memiliki bentuk tubuh yang panjang namun tidak memiliki sisik. Ikan patin terdiri dari berbagai jenis yang dapat dibedakan berdasarkan asal usul, bentuk, motif, dan warna yang dapat dipilih sesuai keinginan. Selain bentuknya yang unik, ikan patin juga mudah untuk dirawat sehingga menjadi jenis hewan yang senang dipelihara dirumah.

Ikan patin memiliki keunikan karena dapat menyesuaikan kandungan oksigen yang terdapat di dalam air tempat tinggalnya. Sehingga tidak perlu mengganti air atau mengalirkan air dalam jangka waktu yang singkat. Sebaliknya, ikan patin akan memelihara dan menjaga kebersihan air kolam dengan kemampuannya.

7. Ikan Hias Air Tawar

gambar ikan hias air tawar
today.line.me

Tidak hanya digunakan sebagai hobi, memelihara ikan hias di air tawar juga dapat memberikan keuntungan material bagi pemeliharanya. Pasalnya, harga ikan hias memiliki nilai yang bagus di pasaran. Oleh karena itu peluang membudidayakan ikan hias di air tawar sangat besar jika dilakukan sebagai bisnis rumahan.

Memelihara dan membudidayakan ikan hias tidak perlu memiliki keterampilan khusus. Bahkan, untuk memeliharanya bisa dimulai dengan modal yang sedikit. Untuk konsumsi, ikan hias cocok diberi makanan alami dan buatan. Karena pada dasarnya keduanya memiliki kandungan dan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan ikan hias tersebut.

Tanaman

Memiliki rumah yang indah dan bersih, memang menjadi idaman semua orang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan memelihara tanaman. Tidak hanya sebagai hiasan, tanaman juga dapat mengembangkan kemampuan seseorang dalam berbagai aspek yang dibutuhkan. Ingin tahu tiga tanaman apa saja yang cocok dipelihara dirumah? Simak penjelasannya.

1. Tanaman Aquascape

gambar tanaman aquaspace
olvascape.blogspot.com

Aquascape merupakan salah satu jenis tanaman air yang membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Mengapa? Karena pemelihara tanaman jenis ini diharuskan membuat ekosistem buatan pada sebuah akuarium sehingga terlihat indah dan memberikan kesenangan tersendiri.

Tanaman aquascape merupakan kumpulan tanaman dan hardscape yang dapat memperindah ekosistem yang akan dibuat. Agar tanaman aquascape tumbuh dengan indah, pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala. Seperti memberikan tambahan air yang menguap, membersihkan kaca dan mengganti air di dalam akuarium, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang harus dipastikan pada saat merawat tanaman aquascape adalah lingkungan tumbuh yang memadai. Seperti lingkungan yang subur, pencahayaan yang cukup dan kontrol air yang cukup sehingga dapat memberikan lingkungan yang bagus pada tanaman. Beberapa hal ini dapat dikontrol dengan baik sehingga dapat membantu tanaman tumbuh dengan sehat.

2. Tanaman Gelombang Cinta

gambar tanaman gelombang cinta
nuferas.blogspot.com

Tanaman hias jenis gelombang cinta menjadi primadona pada tahun 2007 karena bentuknya yang unik berbentuk hati. Tanaman ini memiliki bentuk khas dan warna yang unik serta memiliki bunga gelombang cinta yang unik dan indah, sehingga jenis tanaman ini dapat dipilih menjadi salah satu pilihan dekorasi rumah impian.

Tidak hanya bagus digunakan sebagai penghias di luar ruangan, tanaman gelombang cinta ini juga bagus digunakan untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman gelombang cinta ini dapat menjadi salah satu sumber antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kandungan karbondioksida yang dikeluarkan juga dapat meregenerasi udara di dalam ruangan.

Merawat tanaman gelombang cinta juga dapat dipelajari dan dilakukan oleh pemula. Cara mereproduksi tanaman ini juga bervariasi tergantung hasil akhir yang diinginkan. Pada dasarnya banyak metode yang dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman ini. Namun dalam pelaksanaannya, dapat tergantung pemelihara dalam aplikasinya.

Tanaman gelombang cinta ini sangat cocok diletakkan di luar rumah, untuk meningkatkan estetika. Hal itu karena tanaman ini memiliki bentuk yang panjang dan bagus, jika dipajang di luar rumah sebagai hiasan. Bunga bougenville yang berada di sela-sela daun, juga menambah tingkat keindahan karena memiliki perpaduan yang indah di antara warna daun dan bunganya.

Cara menanam gelombang cinta cukup mudah, yaitu dengan memisahkan bonggol dan tunas pada induk tanaman. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih yang sehat dan terhindari dari jamur maupun hama penyakit, kemudian siapkan media tanam yang teduh dan jauhkan dari sinar matahari agar tunas dapat tumbuh.

Setelah itu gunakan pisau yang panjang dan tajam agar pemotongan dapat dilakukan secara cepat dan tidak menyebabkan busuk pada tanaman. Agar menghasilkan tanaman gelombang cinta yang baik, pastikan untuk menjaga kelembaban agar tetap sesuai porsinya. Gunakan pasir untuk menjaga media tetap sedang dan tidak terlalu basah.

Kemudian berikan anti jamur pada bagian luka potongan agar tetap bersih dan dapat menghasilkan tunas yang baru. Ketika pada bonggol muncul tunas, tunggu hingga muncul 2 sampai 3 tahun, kemudian beri pupuk dan nutrisi lain agar akar dan tunas pada tanaman gelombang cinta dapat tumbuh dengan dosis yang benar. Sehingga dapat menghasilkan bunga yang cantik dan indah pula.

Rekomendasi hewan dan tanaman di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Memelihar makhluk hidup bergerak dan yang dapat diajak bicara dapat memberikan hobi tersendiri bagi orang yang menyukainya. Hal ini juga dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan ketelatenan dalam memelihara tanaman sehingga dapat mengembangkannya dalam sebuah bisnis.

Previous articleBioskop Online
Next articleUcapan Selamat Natal dan Tahun Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here